Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Anjing Peliharaan Membawakan Mainan untuk Pemiliknya

Kompas.com - 30/06/2022, 17:38 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan anjing peliharaan adalah menyambut pemiliknya di depan pintu sambil membawa mainannya. 

Perilaku menggemaskan ini tak jarang membuat pemilik anjing berpikir bahwa sahabat bulu ingin mengajak bermain setelah ditinggal bekerja atau pergi selama berjam-jam di rumah.

Baca juga: Kenapa Anjing Suka Dielus pada Bagian Perutnya? Ini Alasannya

Saat menyambut sambil membawa mainan kesukaannya, anjing peliharaan mungkin menunjukkan bahasa tubuh seperti bergerak mengelilingi kamu dan mengibaskan ekor dengan cepat.

Namun, apakah perilaku anjing menyambut pemiliknya dengan membawa mainan menandakan bahwa anjing ingin bermain? Atau ada maksud lain?  

Dilansir dari Cuteness, Kamis (30/6/2022), berikut empat alasan anjing peliharaan menyambut pemiliknya sambil membawa mainan. 

Baca juga: 8 Tanda Anjing Kepanasan dan Cara Mengatasinya

Mencari perhatian

Ilustrasi anjing melompat ke manusia.SHUTTERSTOCK / Tatyana Vyc Ilustrasi anjing melompat ke manusia.

Para ahli perilaku hewan berteori bahwa anjing peliharaan kemungkinan melakukan hal ini untuk mendapatkan perhatian. 

Mereka merindukan kamu dan ingin memastikan bahwa kamu masih memiliki anjing peliharaan saat kamu berjalan masuk ke rumah. 

Adapun mainan digunakan sebagai sarana pengalih perhatian untuk menjadikannya sebagai prioritas utama. Tentunya, kamu tidak bisa melakukan kegiatan lain jika sahabat bulu sudah menunjukkan mainan mereka. 

Baca juga: Ketahui, Jumlah Air yang Harus Dikonsumsi Anak Anjing

Memberikan hadiah

Alasan lain sahabat bulu membawakan mainan adalah sebagai bentuk hadiah. Menilik riset pada anjing dan serigala, ada yang namanya hierarki kelompok. Ini membuat anjing harus menyenangkan kamu.

Perilaku ini dikenal sebagai penenangan (appeasement) dan merupakan cara umum anjing berkomuikasi. Sahabat bulu menganggap kamu sebagai pemimpin.

Membawakan kamu mainan adalah cara memastikan posisinya dalam kawanan atau rumah Anda.

Terkait dengan mentalitas kawanan ini, ada kemungkinan anjing juga menunjukkan bahwa mereka mempercayai kamu dengan barangnya yang paling berharga karena anjing bisa sangat teritorial.

Baca juga: 7 Tips Membuat Rumah Anjing Terasa Sejuk dan Nyaman

Menunjukkan mereka bahagia

Selanjutnya, alasan anjing membawakan mainan adalah kmerasa senang karena pemiliknya telah pulang sehingga dapat menghabiskan waktu bermain dan bersama. 

Ingin mengeluarkan energi

Teori lain terkait dengan perilaku anjing yang membawakan mainan adalah ingin mengeluarkan energi karena telah berbaring sepanjang hari selama ditinggal sehingga membutuhkan olahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com