Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Membuat Rumah Anjing Terasa Sejuk dan Nyaman

Kompas.com - 16/06/2022, 18:51 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang memutuskan menghadirkan naungan kecil di halaman rumah sebagai tempat untuk anjing peliharaan beristirahat seperti rumah anjing

Biasanya, rumah anjing ini diletakkan di bawah pohon agar anjing peliharaan tidak kepanasan. Rumah anjing datang dalam berbagai desain dan warna menarik.

Baca juga: 3 Cara Menyetop Anjing Peliharaan Menggonggongi Tamu yang Berkunjung

Umumnya, rumah anjing dilengkapi kasur dan mangkuk makanan guna membuat sahabat bulu merasa nyaman dan tidak perlu masuk ke rumah untuk makan atau tidur

Akan tetapi, rumah anjing bisa terasa panas, terlebih saat matahari sedang terik-teriknya. Kondisi ini pun dapat membuat anjing peliharaan merasa kurang nyaman.

Barry Kellogg dari Humane Society Veterinary Medical Association—klinik atau rumah untuk hewan di Amerika Serikat—menjelaskan, anjing berkeringat melalui bantalan kaki dan akan terengah-engah untuk melepaskan panas. Sebab, sistem pendinginan diri pada anjing jauh lebih tidak efisien daripada manusia.

Baca juga: 4 Tips Memilih Mangkuk Makanan untuk Anjing Peliharaan

Untuk itu, penting bagi pemilik anjing memahami bahwa panas dan kelembapan akan lebih mempengaruhi sahabat bulu.

Dilansir dari Daily Paws, Kamis (16/6/2022), berikut cara membuat rumah anjing terasa sejuk dan nyaman.

Letakkan rumah anjing di area teduh

Ilustrasi anjing, ilustrasi rumah anjing.SHUTTERSTOCK / Kichigin Ilustrasi anjing, ilustrasi rumah anjing.

Letakkan rumah anjing di area teduh seperti di bawah naungan bangunan dan pohon besar. Bila tidak ada, pasang terpal atau struktur naungan lainnya di atas rumah anjing.

Apabila rumah anjing berwarna gelap atau atapnya berwarna gelap, ini bisa menangkap panas matahari yang mempengaruhi suhu di dalam bangunan. Jadi, pertimbangkan  mengecat rumah atau atapnya ke warna yang lebih terang. 

Baca juga: 5 Ras Anjing Bulldog yang Cocok Dipelihara di Rumah

Tambahkan ventilasi udara atau jendela

Jika ventilasi udara di rumah anjing tertutup, segera membukanya. Jika tidak punya ventilasi, lubangi bagian atas dinding untuk menghadirkan ventilasi yang bisa dibuka atau ditutup. Bila memiliki bujet lebih, pertimbangkan membuat jendela.

Buka pintu rumah anjing

Penting untuk menyediakan anjing peliharaan memiliki tempat nyaman untuk tidur dan bebas dari gangguan lingkungan.UNSPLASH/STEVE SEWELL Penting untuk menyediakan anjing peliharaan memiliki tempat nyaman untuk tidur dan bebas dari gangguan lingkungan.

Beberapa rumah anjing memiliki material yang berfungsi sebagai “pintu”. Jika materialnya cukup tebal, pertimbangkan melepasnya sepanjang musim panas agar udara bisa mengalir dengan bebas.

Baca juga: Bolehkah Meninggalkan Anjing di Mobil dengan Jendela Sedikit Terbuka?

Tambah insulasi

Insulasi dapat membantu rumah anjing terasa hangat saat musim dingin dan terasa sejuk saat musim panas.

Kamu dapat melapisi lantai, dinding, dan plafon rumah anjing dengan papan busa, insulasi gelembung aluminium foil, atau insulasi fiberglass.

Halaman:
Sumber Daily Paws
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com