Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tugas Membersihkan Rumah yang Harus Dilakukan Setiap Minggu

Kompas.com - 08/07/2022, 12:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan perusahaan saat ini telah memberlakukan kembali aturan bekerja dari kantor atau work from office (WFO) lantaran kasus virus Covid-19 yang terus menurun.

Sama dengan awal penerapan bekerja dari rumah (WFH), WFO membuat sebagian besar pekerja harus kembali beradaptasi setelah cukup lama menjalani WFH. 

Baca juga: 7 Tugas Membersihkan Rumah yang Harus Dilakukan Setiap Bulan

Kembali bekerja dari kantor juga membuat beberapa orang kewalahan menjaga setiap ruangan dan benda di rumah tetap bersih, terlebih bila tidak memiliki asisten rumah tangga.

Untungnya, ada beberapa tugas membersihkan rumah yang tidak harus dilakukan setiap hari. Sebagian ada yang harus dilakukan setiap minggu sehingga bisa mengerjakannya saat libur atau akhir pekan (weekend). 

Dikutip dari Bobvila, Jumat (8/7/2022), berikut beberapa tugas membersihkan rumah yang harus dilakukan setiap minggu. 

Baca juga: 7 Tips Membersihkan Rumah yang Dapat Berdampak Baik pada Psikologis

Disinfeksi wastafel 

Ilustrasi membersihkan wastafel stainless steel. SHUTTERSTOCK/KIRA_YAN Ilustrasi membersihkan wastafel stainless steel.
Wastafel dapur kerap menjadi tempat berkembang biak bakteri. Menurut NSF International, sebuah organisasi yang bekerja untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan manusia di seluruh dunia, wastafel adalah benda paling kotor kedua di rumah setelah spons dan lap dapur.

Idealnya, membersihkan wastafel harus dilakukan setiap hari. Namun, Anda perlu membersihkan wastafel secara menyeluruh seminggu sekali dengan mencuci permukaan menggunakan sabun dan air panas. 

Setelah itu, menggunakan produk disinfektan untuk menghilangkan mikroorganisme yang berpotensi berbahaya.  

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Bikin Kegiatan Membersihkan Rumah Jadi Lama

Bersihkan microwave

Ketika membersihkan area dapur secara teratur, sering kali mengabaikan membersihkan bagian dalam microwave.

Salah satu trik menghilangkan noda dan kotoran pada bagian dalam microwave adalah  memasukkan setengah cangkir air dan setengah cangkir cuka putih ke dalam mangkuk yang tahan microwave. 

Setelah itu, masak campuran tersebut sampai mendidih. Uap akan melonggarkan partikel makanan yang menempel pada bagian dalam microwave dan memudahkan menyeka residu dengan spons atau kain mikrofiber

Baca juga: 6 Kesalahan Saat Menggunakan Microwave yang Harus Dihindari

Membersihkan kulkas

Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian dalam kulkas. SHUTTERSTOCK/CELTSTUDIO Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian dalam kulkas.
Membersihkan kulkas perlu dilakukan seminggu sekali untuk membuang makanan busuk dan sisa makanan yang sudah kedaluwarsa.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan NSF International, rak sayuran dan laci daging di dalam kulkas dapat menampung mikroba berbahaya seperti salmonella, listeria, e-coli, ragi, serta jamur.

Meski pembersihan mendalam mingguan tidak diperlukan, pastikan menyeka tumpahan serta membersihkan remah-remah dan sisa makanan lainnya. 

Baca juga: 5 Kerusakan pada Kulkas yang Menyebabkan Konsumsi Listrik Meningkat

Menyapu lantai 

Area lalu lintas tinggi di rumah seperti dapur dan lorong harus disapu atau disedot setiap hari, terutama jika memiliki anak atau hewan peliharaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com