Kompas.com - 07/07/2022, 16:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang bersih tak hanya enak dipandang, tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan para penghuninya.

Sebuah studi yang dilakukan Brabantia—merek peralatan rumah tangga premium—menyoroti bagaimana ruangan yang tidak teratur dapat membuat stres atau tidak bahagia. 

Baca juga: 5 Tips Menjaga Keamanan Listrik di Rumah 

Selain itu, dapat berdampak buruk pada hubungan seseorang dengan keluarga dan pasangan serta mempengaruhi produktivitas. 

Dilansir dari House Beautiful, Kamis (7/7/2022), psikolog Emma Kenny membagikan beberapa tips membersihkan rumah yang dapat berdampak positif pada psikologis penghuninya.  

Selalu membersihkan rumah 

Ilustrasi membersihkan rumah.Shutterstock/Tanyastock Ilustrasi membersihkan rumah.
Emma mengatakan jangan meremehkan kekuatan pembersihan karena pembersihan telah terbukti menciptakan keadaan pikiran yang menenangkan serta mengurangi perasaan stres dan kecemasan, yang pada gilirannya meningkatkan tingkat kesejahteraan mental.

Sesuatu yang sederhana seperti menyingkirkan kekacauan yang tidak diinginkan atau mengatur ruang dapat membuat perbedaan pada perasaan Anda. 

Baca juga: Membersihkan Rumah Dapat Menjaga Kesehatan Mental, Ini Tipsnya 

Membuat daftar pembersihan

Untuk membuat pekerjaan lebih mudah, jangan memutuskan membersihkan rumah sekaligus. Pastikan membuat daftar atau rencana pembersihan menjadi beberapa bagian yang dapat dicapai.

Cobalah memutuskan ruangan tertentu yang ingin dibersihkan, kemudian membersihkan area lain. Jangan lupa beristirahat secara teratur.  

Baca juga: 7 Tugas Membersihkan Rumah yang Harus Dilakukan Setiap Bulan

Banyak tangan membuat pekerjaan ringan

Ilustrasi membersihkan rumah. Shutterstock/Prostock-studio Ilustrasi membersihkan rumah.

Libatkan semua keluarga dalam tugas membersihkan rumah untuk memenuhi kebutuhan fisik dan emosional Anda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.