Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2022, 10:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas adalah peralatan elektronik rumah tangga yang diandalkan untuk mengawetkan dan mendinginkan bahan makanan.

Sama halnya dengan peralatan elektronik lainnya, kulkas juga memiliki jangka waktu pemakaian, terlebih ketika tidak dirawat dengan baik, kulkas akan cepat rusak.

Ketika mendapati kulkas rusak, sebagian orang akan memperbaikinya terlebih dahulu daripada membeli kulkas baru. Namun, sebaiknya apa yang harus dilakukan? 

Baca juga: Cara Membersihkan Karet Pintu Kulkas dengan 3 Langkah Mudah

Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas French Door, Ilustrasi lantai kayu di dapur.SHUTTERSTOCK / PhotoMavenStock Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas French Door, Ilustrasi lantai kayu di dapur.

Dilansir Consumer Reports, Kamis (30/6/2022), dalam survei tentang pengalaman pengguna kulkas, lembaga tersebut menemukan bahwa kulkas dapat diperbaiki, dengan 62 persen perbaikan berhasil pada upaya pertama dan 25 persen lainnya berhasil setelah dua kali atau lebih.  

Faktanya, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa jika kulkas dengan umur kurang dari 10 tahun, biasanya lebih ekonomis untuk memperbaikinya. 

Untuk membantu Anda membuat keputusan perbaikan atau penggantian kulkas baru, berikut hal yang harus dipertimbangkan. 

1. Periksa garansi kulkas

Penting untuk membaca buku atau kartu garansi kulkas karena ada masalah yang mungkin tidak ditutupi oleh produsen. Jika masalah kulkas Anda tercakup dalam garansi, Anda harus menghubungi produsen atau pengecer untuk mengatur layanan perbaikan.

Baca juga: Tanda-tanda untuk Memperbaiki Kulkas Secepatnya

2. Periksa apakah masalahnya mudah dan murah diperbaiki

Ada beberapa perbaikan yang mudah dan terjangkau untuk dilakukan sendiri. Misalnya, jika kulkas tidak tetap dingin karena paking pintu yang sobek, Anda dapat memperbaikinya sendiri dengan harga murah jika Anda merasa nyaman melakukannya.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com