Kompas.com - 30/06/2022, 07:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman cabai adalah tanaman tropis yang menyukai panas. Akan tetapi, seringkali tanaman cabai tidak tumbuh secepat yang kita harapkan.

Tanaman cabai kerdil atau tumbuh lambat adalah masalah umum yang dihadapi saat menanam cabai. Ada beberapa alasan mengapa tanaman cabai membutuhkan waktu terlalu lama untuk menghasilkan bunga atau buah.

Namun demikian, ada beberapa cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabai, sehingga cepat berbuah pula. Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari Gardening Chores, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Cara Membuat Kompos Trichoderma, Kendalikan Penyakit Antraknosa Cabai

Ilustrasi tanaman cabai. SHUTTERSTOCK/PAPA ANNUR Ilustrasi tanaman cabai.

Mengapa tanaman cabai tumbuhnya lambat?

Secara umum, tanaman cabai tumbuh lambat karena kita tidak memenuhi kondisi pertumbuhan idealnya. Tanaman cabai adalah tanaman tropis, jadi tanpa panas atau sinar matahari, tanaman akan tumbuh lambat.

Suhu pada kisaran 20-an derajat celcius dan paparan sinar matahari langsung selama setidaknya delapan jam diperlukan agar tanaman cabai tumbuh dengan baik.

Penyiraman yang tidak tepat juga merupakan penyebab tanaman cabai tumbuh lambat, dan terlalu banyak atau terlalu sedikit air dapat menghambat pertumbuhannya.

Selain itu, tanah yang buruk, penyakit, hama, pemangkasan yang tidak tepat, dan syok setelah transplantasi semuanya dapat menyebabkan perkembangan yang terhambat dan pertumbuhan yang lambat.

Baca juga: 3 Hama Penyebab Daun Tanaman Cabai Keriting dan Cara Mengatasinya

Cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabai

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.