Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Membuat Area Meja Makan Terlihat Lebih Mahal dan Mewah

Kompas.com - 21/06/2022, 14:36 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika sedang menjamu tamu untuk makan malam bersama, tentunya kamu ingin tamu mendapatkan kesan positif selama berada di rumah.

Beragam cara pun dilakukan saat menyambut tamu, dari menyemprot pewangi ruangan, merapikan rumah, hingga menyusun area meja makan

Saat menyusun meja makan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terlihat lebih mahal dan mewah seperti dilansir dari Apartment Therapy, Selasa (21/6/2022). 

Baca juga: Meja Makan Bundar Vs Segi Empat, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Bersihkan meja

Ilustrasi ruang makan, ilustrasi meja makan bulat.SHUTTERSTOCK / Followtheflow Ilustrasi ruang makan, ilustrasi meja makan bulat.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan meja. Lihat apakah ada kerusakan pada permukaannya dan segera memperbaikinya jika memungkinkan.

Untuk meja kayu solid, kamu bisa mengampelasnya dan melapisinya kembali dengan finishing yang tepat. Jika tidak ingin melakukan banyak pekerjaan, lakukan langkah sederhana untuk memperbaikinya.

Baca juga: 3 Tips Menjaga Meja Makan Selalu Tertata Rapi dan Teratur

Agen properti dari Boston, Amerika Serikat, Kate Ziegler, mengatakan penyok yang terlihat pada permukaan meja akan lebih sulit dihilangkan.

“Tetapi, goresan kecil terkadang bisa diperbaiki dengan spidol furnitur (furniture marker). Hanya saja, pastikan mereka sudah benar-benar kering sehingga tidak dapat berpindah ke kain apa pun,” terangnya.

Sementara itu, untuk noda cincin dari minuman, mereka bisa dibersihkan dengan cara digosok menggunakan alkohol. Untuk pembersih kayu, dapat digunakan untuk mengembalikan kilau meja. 

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Meja Makan untuk Lebaran, Beri Nuansa Hangat

Ganti kaki meja

Ilustrasi ruang makan, ilustrasi meja makan bulat.SHUTTERSTOCK / ImageFlow Ilustrasi ruang makan, ilustrasi meja makan bulat.

Sama dengan perabot rumah tangga lainnya, meja makan juga memiliki kaki. Meja ini bisa terlihat jauh lebih mahal setelah kamu mengganti kakinya dengan sesuatu yang lebih baik. 

Namun, perhatikan apakah kaki meja bisa dilepas dengan mudah untuk menggantinya atau tidak. Jika tidak, kamu bisa mengecatnya atau memolesnya ulang agar terlihat lebih baru.

Baca juga: Meja Makan Marmer Vs Kayu, Mana yang Terbaik untuk Ruang Makan?

Hias dengan benda dekoratif

Jika meja makan tidak bisa diperbaiki atau diperbarui, tingkatkan kualitasnya dengan beberapa benda dekoratif yang telah dikurasi dengan baik.

Menurut Ziegler, kamu tidak perlu menggunakan taplak meja berukuran penuh karena mungkin dapat terlihat berlebihan. 

“Tapi, taplak meja yang memanjang (table runner) dapat menarik perhatian dari permukaan meja dan pemilihan kain dapat membantu membuat bentuk atau gaya meja agar lebih sesuai dengan estetika rumahmu,” jelas dia.

Baca juga: 5 Keuntungan Memiliki Meja Makan Bulat di Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com