Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Trik Mudah Membersihkan Sofa agar Tidak Merusaknya dan Tampak Baru

Kompas.com - 12/06/2022, 18:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa di ruang keluarga dan ruang tamu rentan mengalami berbagai tumpahan, seperti minuman dan makanan, serta keuasan seiring waktu.

Tumpahan ini bisa membuat furnitur berlapis tersebut kotor, bahkan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kulit agar Tidak Merusaknya

Cara terbaik mencegah noda pada sofa bukanlah menyikirkan makanan dan hewan peliharaan dari ruangan sama sekali. 

Namun, mengetahui apa yang harus dilakukan ketika noda terjadi. Jika bekerja dengan cepat, membersihkan sofa secara teratur, dan mengetahui jenis kain yang digunakan, Anda dapat menangani tumpahan serta noda dengan mudah.

Nh, berikut cara membersihkan sofa agar terlihat seperti baru kembali dikutip dari Better Homes and Gardens, Minggu (12/6/2022). 

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kain Tanpa Air  

Vakum sering sofa 

Ilustrasi sofaShutterstock/Antoha713 Ilustrasi sofa

Langkah pertama membersihkan sofa adalah sering menyedot debu atau mem-vakumnya.  Kotoran tidak hanya mempengaruhi penampilan furnitur, tetapi juga dapat mengikis serat pelapis.

Gunakan lampiran jok yang bersih dan kering atau sikat berbulu kaku untuk melonggarkan noda dan kotoran kering. Gunakan alat celah untuk sudut serta celah yang sulit dijangkau. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membuat Sofa Custom 

Gunakan tisu bayi untuk membersihkan perabotan

Tisu bayi sangat efektif membersihkan sofa dengan cepat. Namun, sebelum melakukannya, uji terlebih dahulu pada area yang tidak mencolok untuk memastikan tidak merusak kain.

Sangat cocok untuk pelapis kulit, katun, atau poliester, tisu basah menawarkan campuran lembut air serta sabun yang mengandung sedikit kelembapan.

Tisu bayi juga ideal untuk membersihkan karpet. Tisu basah dapat bertindak cepat pada tetesan kopi dan tumpahan lainnya sehingga noda akan hilang, bahkan sebelum sempat mengeras.

Baca juga: 5 Tips Membeli Sofa Baru yang Nyaman untuk Ruang Keluarga  

Bersihkan pelapis sesuai kode

Ilustrasi sofa kulitSHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi sofa kulit
Lihat instruksi pabrik dan kode pembersihan kain untuk cara terbaik membersihkan sofa. Misalnya, kode "W" berarti boleh menggunakan air. Lepaskan sarung bantal dan cuci sesuai dengan instruksi pabrik.

Sementara kode "S" berarti melewatkan air dan menggunakan pelarut non-air seperti alkohol. Semprotkan sedikit, lalu bersihkan dengan kain putih bersih atau spons.

Sedangkan kode "S/W" berarti baik-baik saja menggunakan pelarut atau air dan "X" berarti tidak menggunakan keduanya, cukup vakum sofa. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Meletakkan Sofa di Ruang Tamu agar Nyaman 

Cegah noda pada sofa 

Jika sofa tidak dilengkapi dengan pelindung kain untuk menghilangkan noda, aplikasikan sendiri atau mintalah seorang ahli melakukannya. Jika sudah dirawat, tanyakan pada produsennya berapa lama kain akan bertahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com