Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Memilih Ukuran dan Meletakkan Karpet Area di Kamar Tidur

Kompas.com - 09/06/2022, 16:35 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.comKarpet area merupakan karpet dengan ukuran lebih kecil dan tidak menutupi seluruh lantai pada ruangan.

Karpet area bisa diletakkan dikamar tidur serta memiliki berbagai bentuk seperti persegi dan persegi panjang.

Baca juga: 4 Tips Memilih Karpet Area yang Tepat untuk Ruangan

Karpet area dapat ditempatkan di bawah tempat tidur untuk meredam suara berisik serta memberi kehangatan, terlebih saat bangun tidur. 

Selain itu, karpet area memiliki ukuran, warna, dan motif yang dapat membuat kamar tidur terlihat lebih menarik. Namun, sebelum menggunakannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Baca juga: Feng Shui Bentuk dan Penempatan Karpet di Setiap Ruangan di Rumah

Perhatikan cakupan karpet area

Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi plafon kayu, ilustrasi lantai kayu.SHUTTERSTOCK / ImageFlow Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi plafon kayu, ilustrasi lantai kayu.
Dikutip dari The Spruce, Kamis (9/6/2022), ada empat pilihan meletakkan karpet area di kamar tidur, salah satunya memposisikan karpet agar mencakup semua rangka tempat tidur.

Apabila kamar tidur mempunyai tempat tidur, meja nakas sampaing tempat tidur, dan kursi panjang di kaki tempat tidur, kamu dapat meletakkan karpet agar mencakup semua furnitur ini.

Namun, karpet area juga bisa diletakkan hanya di dua pertiga bagian bawah tempat tidur. Jadi, kepala tempat tidur dan dua meja nakas tidak terkena karpet. 

Bisa pula karpet area diposisikan di sepertiga bagian bawah tempat tidur sehingga sebagian besar tempat tidur berada di lantai, sementara karpet area lebih menonjol ke luar area tidur. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Tumpahan Es Krim pada Karpet

Pertimbangkan ukuran kamar tidur

Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi tanaman di kamar tidurUnsplash/Spacejoy Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi tanaman di kamar tidur

Untuk kamar tidur kecil, pilih karpet area yang ukurannya cukup besar hingga hampir memenuhi ruang lantai. Namun, sisakan antara dua hingga lima inci lantai di antara karpet dan tembok.

Ukuran tempat tidur juga perlu diperhatikan. Jika menggunakan tempat tidur twin atau full size. Keduanya memiliki perhitungan panjang dan lebar karpet tersendiri berdasarkan ukuran tempat tidur.

Umumnya, tempat tidur twin size memiliki ukuran panjang dan lebar sekitar 190 sentimeter x 99 sentimeter, sementara tempat tidur full size atau double bed berukuran 190x137 sentimeter.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Rumput pada Pakaian dan Karpet

Jika ingin menaruh karpet area pada duapertiga bagian bawah tempat tidur, pilih karpet berukuran 182 cm x 140 cm.

Agar karpet area mencakup tempat tidur, meja nakas, dan bangku pada kaki tempat tidur, pilih karpet berukuran 274 cm x 182 cm. 

Untuk karpet area yang bisa mencakup dua tempat tidur twin size, meja nakas di antara tempat tidur, dan dua bangku di kaki setiap tempat tidur, pilih yang berukuran 365 cm x 274 cm. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Warna Karpet yang Tepat untuk Sofa Warna Abu-abu

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna ungu. SHUTTERSTOCK/BOGDANHODA Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna ungu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com