Kompas.com - 21/05/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang percaya bahwa menerapkan feng shui di dalam rumah dapat membantu mendatangkan kemakmuran, mendorong kesuksesan, dan mendatangkan energi positif.

Tak ayal, feng shui pun menjadi salah satu pertimbangan dalam membangun rumah, membuat tata letak ruangan, memilih warna untuk kamar tidur, memilih material furnitur, hingga kegiatan membersihkan rumah.

Baca juga: Manfaat Karpet Menurut Feng Shui dan Panduan Meletakkannya di Ruangan

Bahkan, beberapa orang juga mempertimbangkan feng shui saat sedang mendekorasi ruangan, seperti penempatan karpet.

Dikutip dari Love to Know, Sabtu (21/5/2022), karpet berfungsi untuk meningkatkan aliran chi yang baik. Ada lima elemen dalam feng shui yang dikaitkan dengan warna dan bentuk tertentu, seperti api dan segitiga, air dan lengkungan, tanah dan persegi, serta logam dan bulat.

Ilustrasi area pintu masuk rumah.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi area pintu masuk rumah.

Lantas, seperti apa bentuk karpet yang direkomendasikan, serta penempatannya di setiap ruangan di dalam rumah?

Area pintu masuk rumah

Area pintu masuk rumah, atau mulut chi, adalah titik di mana energi positif memasuki rumah. Sambut chi positif dengan karpet berbentuk persegi panjang (runner).

Pilih karpet dalam nuansa merah dan oranye untuk menarik energi ke dalam rumah. Namun, jika pintu rumah terbuka ke dalam ruangan yang padat, gunakan karpet bulat. Energi logamnya akan sangat mendorong aliran chi.

Ruang keluarga

Di ruang keluarga, beri energi pada sudut kekayaan di tenggara ruangan menggunakan karpet bermotif zigzag. Pilih warna merah karena mereka adalah adalah warna kekayaan dan juga api.

Untuk sudut barat laut, area ini akan menjadi magnet inspirasi dengan karpet jenis nubby berwarna lumut untuk membangkitkan energi kayu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.