Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2022, 16:08 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Karpet merupakan salah satu item dekorasi yang dapat menambah nilai estetika ruangan. Tak hanya membuat ruangan menjadi lebih elegan, karpet yang melapisi lantai juga membuat ruangan menjadi lebih nyaman dan hangat.

Setelah dipakai dalam waktu yang lama, seringkali permukaan karpet berubah menjadi kusam dengan serat yang kusut. Penyebabnya bisa karena furniture yang terlalu berat ataupun penumpukan kotoran.

Melansir dari The Spruce, Minggu (10/4/2022), agar karpet kembali halus dan dengan serat yang mengembang, perawatan karpet perlu dilakukan. Berikut ini adalah tips merawat karpet agar lebih bersih dan tidak kusam.

Baca juga: 5 Rahasia untuk Menjaga Karpet Tetap Terlihat Seperti Baru

Gunakan baking soda dan garam

Agar karpet kembali halus dan bebas kotoran, kamu bisa memanfaatkan baking soda dan garam dapur. Pertama-tama vakum seluruh karpet untuk mengangkat kotoran dan debu yang tersisa.

Taburkan baking soda dan garam ke permukaan karpet dengan merata. Setelah itu semprot karpet dengan air biasa dan gunakan sikat nilon untuk meratakan baking soda dan garam di antara serat kain.

Setelah karpet kering, vakum kembali untuk menghilangkan bubuk baking soda dan garam. Dengan memvakumnya kamu juga akan membuat bulu-bulu karpet kembali terangkat dan empuk.

Baca juga: Cara Membuat Karpet Kempis Kembali Empuk Menggunakan Bahan Alami

Bersihkan dengan cuka dan air

Ilustrasi membersihkan karpetShutterstock/Africa Studio Ilustrasi membersihkan karpet

Campurkan cuka dan air dingn ke dalam botol spray, dengan perbandingan 1 bagian cuka dan 3 bagian air. Vakum karpet terlebih dahulu, kemudian semprot larutan cuka secara merata keseluruh permukaan karpet hingga lembab.

Biarkan larutan bekerja selama 5 menit agar kotoran dan tanah yang menggumpal mudah dibersihkan. Gunakan kain microfiber untuk mengangkat air dan kotoran di permukaan karpet.

Bilas kain dengan air biasa, kemudian keringkan dengan cara diangin-anginkan. Setelah karpet kering, vakum karpet untuk mengangkat seratnya.

Baca juga: Antiselip, Ini Tips Mudah Mencegah Karpet yang Sering Bergeser

Gunakan pembersih uap

Jika kamu memiliki pembersih khusus karpet kamu bisa menggunakannya dengan mengikuti saran penggunaan dari pabrik. Setelah itu bersihkan dengan pembersih uap.

Dengan menghilangkan kotoran yang menumpuk di antara serat karpet, karpet akan lebih mengembang dan empuk. Kamu juga bisa menyewa jasa cuci karpet untuk membersihkannya setiap tahun.

Baca juga: Apakah Vacuum Cleaner Efektif untuk Membersihkan Karpet?

Tips menjaga serat karpet agar tetap halus dan mengembang

Agar karpet tidak terlihat kusam dan kotor, lakukan beberapa tips mudah berikut ini:

  • Jika kamu meletakkan furniture di atas karpet, pastikan untuk merubah tata letaknya sesering mungkin agar tekstur karpet lebih rata.
  • Gunakan tatakan kaki untuk furniture yang berat untuk membantu mendistribusikan berat di permukaan karpet.
  • Vakum karpet secara rutin, setidaknya seminggu sekali.
  • Hindari menggunakan alat kaki dari luar ruangan di atas karpet agar tidak ada kotoran yang menumpuk.
  • Tambahkan keset di area pintu depan untuk mencegah kotoran masuk ke rumah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com