Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menata Ruang Makan Menurut Feng Shui untuk Keharmonisan

Kompas.com - 10/04/2022, 15:35 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Area ruang makan menurut Feng Shui menyimbolkan keharmonisan dalam sebuah keluarga. Sehingga bila ingin membuat hubungan antar anggota keluarga rukun, kamu perlu memperhatikan penataan atau dekorasi di ruang makan.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (10/4/2022) ada aturan pemilihan furnitur dan dekorasi menurut Feng Shui yang bisa menciptakan energi positif di ruang makan.

Di mana energi ini bisa menciptakan suasana ruang makan yang nyaman, sehingga tercipta percakapan yang intens di meja makan.

Nah, berikut ini beberapa tips menurut ilmu Feng Shui yang bisa kamu ikuti untuk menambah energi positif di ruang makan agar keluarga lebih harmonis.

Baca juga: 5 Langkah Membuat Ruang Makan Menjadi Lebih Rapi dan Teratur

Memilih bentuk meja makan

Pemilihan bentuk meja makan peting dalam Feng Shui. Hal ini karena setiap bentuk furnitur memiliki arti tersendiri.

Misalnya saja meja segi empat atau persegi panjang, bisa dipilih untuk meja ruang makan karena memiliki simbol stabilitas. Sementara bentuk meja oval dan bundar bisa menciptakan energi Chi yang banyak di ruang makan

Sehingga kamu perlu memperhatikan bentuk meja ruang makan, lalu sesuikan dengan kebutuhan keluarga. Kalau kamu tak suka drama dalam keluarga silakan pilih meja dengan bentuk persegi.

Baca juga: 4 Tips Memilih Furnitur untuk Ruang Makan yang Nyaman dan Awet

Pemilihan kursi di meja makan

Kamu perlu memilih kursi yang memiliki sandaran, hal ini agar membuatmu dan keluarga nyaman saat duduk. Cari juga kursi yang tak banyak memakan tempat dan mudah untuk dipakai.

Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan jumlah kursi di area meja makan. Setidaknya tempatkan 4 kursi, bahkan bisa lebih bila ruang makanmu mencukupi.

Hal ini akan memberikan kesan kalau ruang makan di rumahmu bersahabat untuk siapa saja yang datang. Mau itu keluarga atau teman, mereka akan merasa diterima di rumah dan kehidupanmu.

Baca juga: 5 Langkah untuk Memiliki Ruang Makan yang Terorganisir

Pemilihan warna dinding

Ilustrasi ruang makan dengan cerminUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang makan dengan cermin

Warna cat dinding dalam Feng Shui juga penting. Bahkan beberapa warna bisa mempengaruhi suasana sebuah ruangan.

Kamu bisa menggunakan warna merah di ruang makan. Warna ini bisa menambah selera makan dan kesan hangat di meja makan. Sehingga membuat acara makan malam bisa lebih hidup dengan obrolan-obrolan yang tercipta.

Bila memilih warna cokelat dan kuning, kamu akan mendapatkan suasana ruang makan yang stabil dan penuh kegembiraan. Sebab, cokelat berhubungan dengan elemen tanah. Sementara kuning melambangkan nutrisi yang penuh.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan warna biru dan hijau di ruang makan. Kedua warna tersebut berkaitan dengan elemen kayu. Sehingga akan menciptakan ruang makan yang rileks dan menggugah semangat.

Baca juga: Panduan Meletakkan Cermin di Ruang Makan untuk Menarik Keberuntungan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com