Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengubah Tampilan Kamar Tidur dengan Sentuhan Kecil

Kompas.com - 09/06/2022, 14:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur yang didesain dengan baik akan memberikan kenyamanan saat beristirahat setelah seharian beraktivitas. Mendekorasi kamar tidur tidak perlu menggunakan jasa desainer interior.

Dilansir dari The Spruce, Kamis (9/6/2022), Kari Ann Peniche-Williams dari DAF House, Tiffani Stutzman dari Tiffani Stutzman Design, dan Annie Elliott dari Annie Elliot Design memberikan panduan mengubah tampilan kamar tidur hanya dengan sentuhan kecil di dalamnya seperti berikut ini. 

Baca juga: 5 Tips Menciptakan Kamar Tidur yang Mewah dan Nyaman 

Warna adalah kunci

Ilustrasi kamar tidur. Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi kamar tidur.
Tidak mengherankan jika para desainer interior memulai dengan memilih warna untuk kamar tidur. "Tentukan suasana hati atau nada yang ingin Anda atur di kamar tidur, lalu pilih warna yang mencerminkan perasaan itu," kata Peniche-Williams.

Peniche-Williams menambahkan untuk tidak takut dengan warna yang kuat. "Saya bahkan suka warna lebih gelap di kamar kecil. Namun, jika lebih suka dinding netral, tambahkan warna pop dengan mengecat plafon." 

Baca juga: 4 Tips Terbaik Menata Furnitur di Kamar Tidur

Stutzman menyarankan penggunaan warna gelap di kamar tidur. "Warna lembut atau gelap menciptakan lingkungan yang lebih tenang daripada warna cerah," ucapnya.

Contoh warna lembut untuk dinding dan karpet adalah biru muda, merah muda merona, atau abu-abu muda. Sedangkan warna gelap seperti biru tua, plum, atau hijau sage.

Jika tidak berencana mengecat ulang kamar tidur seluruhnya, pilih satu dinding untuk menambahkan warna atau membuat warna aksen, bahkan memasang wallpaper. 

Baca juga: 8 Tips Mendesain Kamar Tidur Apartemen Bergaya Minimalis 

Pencahayaan 

Ilustrasi kamar tidur, Ilustrasi kamar tidur tamu.Unsplash/Point3D Commercial Imaging Ltd. Ilustrasi kamar tidur, Ilustrasi kamar tidur tamu.

Desainer interior menganggap pencahayaan kamar tidur adalah hal penting, tapi kebanyakan orang mengabaikannya.

"Alih-alih lampu plafon biasa, sesuaikan kamar tidur dengan lampu gantung atau lampu samping tempat tidur dengan karakter," ujar Peniche-Williams.

"Dimmer (peredup lampu) paling penting di kamar tidur karena dengan cepat mengatur suasana hati," imbuh Elliott.

Elliott menyarankan dimmer untuk lampu meja yang akan menciptakan suasana hangat dan nyaman seketika.  

Baca juga: 7 Ide Mendesain Kamar Tidur Anak dengan Biaya Minim

Tekstur 

Elemen dekorasi lain yang sering diabaikan adalah penambahan tekstur. Membawa tekstur ke kamar tidur dapat menambah lapisan kemewahan dan kenyamanan.

Stutzman menghadirkan tekstur lembut, santai, dan mewah ke kamar tidur seperti kursi yang dilapisi beludru, karpet sutra, bantal yang dilapisi bulu palsu, atau kain rajutan.

Benda-benda seperti meja yang dipernis atau lampu krom lebih baik dijauhkan dari kamar tidur dan menempatkannya di ruang tamu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com