Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Mendesain Kamar Tidur Anak dengan Biaya Minim

Kompas.com - 05/06/2022, 10:18 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi kamar tidur anak tak hanya tentang gaya desain, tapi juga harus menampilkan desain yang berkelanjutan.

Sebab, anak akan bertumbuh setiap tahunnya sehingga dekorasi harus disesuaikan sedemikian rupa. 

Baca juga: 3 Cara Mudah Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Kamar Tidur Anak

“Kebutuhan kamar tidur anak berubah dari tahun ke tahun saat mereka tumbuh,” kata desainer interior Phillip Thomas dari Phillip Thomas Inc, dilansir dari Architectural Digest, Minggu (5/6/2022).

Apa yang penting ketika mereka masih bayi menjadi sama sekali tidak relevan ketika berusia empat tahun. Hal yang sama juga berlaku untuk apa yang mereka butuhkan di sekolah dasar versus ketika remaja. 

Thomas dan dekorator interior Allison Babcock dari Allison Babcock Design berbagi ide mendesain kamar tidur anak seperti di bawah ini.  

Baca juga: 4 Ide Dekorasi Dinding untuk Kamar Tidur Anak 

Pilih tema dengan bijak

Ilustrasi kamar tidur anak dengan desain minimalis.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi kamar tidur anak dengan desain minimalis.
Babcock menyarankan memilih tema yang dapat tumbuh bersama anak. “Kamar anak tidak harus terlalu remaja untuk menjadi ruang yang menyenangkan dan sesuai usia,” katanya.

Jika tinggal di daerah pesisir, tema bahari cocok untuk anak-anak yang lebih kecil maupun  lebih tua dengan sentuhan seperti bendera berbingkai, gambar perahu layar hitam-putih, dan pelampung yang digantung pada dinding sebagai seni.

Saat mendesain kamar tidur anak yang lebih kecil, cobalah stiker lepas dan tempel. Anak-anak yang lebih besar mungkin menyukai sampul buku fantasi populer berbingkai atau patung tokoh fantasi yang dipajang di rak. 

Baca juga: 4 Elemen Menarik yang Dapat Mempercantik Plafon Kamar Tidur Anak 

Pertimbangkan furnitur

Babcock menyarankan untuk berinvestas pada furnitur yang dapat berubah fungsi seiring bertambahnya usia anak.

Contohnya, tempat tidur susun yang dapat diubah menjadi sepasang tempat tidur kembar saat saudara kandung tumbuh.

“Dengan sedikit penataan ulang, kerajinan atau area bermain untuk anak yang lebih kecil dapat diubah menjadi lounge atau ruang belajar untuk anak yang lebih tua, tetapi Anda perlu membeli barang yang berubah seperti yang mereka lakukan,” ucapnya.

Selain itu, kata Babcock, menyesuaikan warna berdasarkan usia dan selera anak saat ini memungkinkan Anda membuat potongannya lebih unik dan personal seperti mengubah peti mainan, meja, dan tempat tidur. 

Baca juga: 8 Ide Desain Kamar Tidur Anak Minimalis, Bersih dan Nyaman 

Jadikan seni sebagai pribadi

Ilustrasi kamar tidur anak laki-laki. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur anak laki-laki.
Lewati karya seni yang mahal. Thomas merekomendasikan membeli pilihan bingkai foto untuk membuat dinding galeri. Gambar ini dapat dengan mudah diubah saat anak tumbuh. 

Babcock menyukai ide membingkai beberapa barang pribadi seperti sepatu bayi, pakaian, atau mainan khusus yang terlalu besar. Lebih baik lagi, pilih karya seni favorit anak sendiri untuk dibingkai dan digantung.  

Berkreasilah dengan dinding

Wallpaper lepas dan tempel merupakan pilihan bagus untuk mendesain kamar tidur anak karena tidak permanen dan dapat memasangnya sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com