Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2022, 12:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Mr Right

JAKARTA, KOMPAS.com - Blender tangan adalah peralatan dapur yang membuat persiapan makanan lebih mudah serta menghemat waktu.

Blender tangan membantu mencampur makanan dan cairan serta memadukannya dengan benar. Untuk memanfaatkan blender tangan sepenuhnya, Anda harus menggunakannya cara yang tepat. 

Baca juga: Gunakan Bahan di Dapur Ini untuk Menghilangkan Bau pada Blender

Namun, sama dengan blender tabung, blender tangan dapat menunjukkan tanda-tanda kesalahan atau masalah jika tidak digunakan dengan tepat. 

Dilansir dari Mr Right.in, Minggu (5/6/2022), berikut ini beberapa masalah paling umum yang dialami blender tangan.  

Masalah dengan sakelar

Ilustrasi blender tangan.Shutterstock/goffkein.pro Ilustrasi blender tangan.
Blender tangan sering kali mengalami masalah terkait dengan sakelar. Jika mencoba menggunakan sakelar pada blender dan tampaknya tidak berfungsi baik, Anda dapat memeriksanya menggunakan voltmeter. 

Baca juga: Cara Merawat Pisau Blender dan Food Processor Tetap Tajam dan Awet  

Poros pisau macet

Salah satu masalah umum lainnya dengan blender tangan adalah poros pisau macet. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus membongkar blender sampai mendapatkan akses ke sana, kemudian membersihkan puing-puing atau partikel makanan yang mungkin terlihat.

Gunakan minyak untuk melumasi bagian yang kasar. Sebagian besar kasus kemacetan poros bilah disebabkan partikel makanan, debu, dan serpihan yang menghalangi jalur rotasi.  

Baca juga: Ketahui, Ini Perbedaan Blender dan Food Processor 

Blender tidak berfungsi

Ilustrasi blender tangan.SHUTTERSTOCK/eldar nurkovic Ilustrasi blender tangan.
Salah satu masalah paling umum dengan blender tangan adalah blender tidak berfungsi sepenuhnya. Ini bisa menjadi hasil dari masalah dengan sekring.

Untuk memeriksa sekring, Anda perlu membongkar unit terlebih dahulu hingga mencapai bodi bagian dalam tempat sekring berada. Namun, jika sulit melakukannya, menhubungi teknisi untuk memperbaikinya. 

Baca juga: Perbedaan Blender dan Juicer, Mana yang Lebih Baik? 

Periksa bodi motor dan bersihkan

Ada beberapa masalah lain yang dapat dialami blender tangan. Jika telah mengikuti metode perbaikan di atas, tapi belu, berhasil, Anda perlu memeriksa boi motor dan membersihkannya.

Caranya, ambil obeng untuk membuka bodi dan bersihkan semua kontak. Bersihkan dengan benar dan semprotkan semua lubang. 

Baca juga: 6 Penyebab Blender Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

Membersihkan bagian ini bisa membantu menyelesaikan banyak masalah. Permasalahan blender tangan sering terjadi dan cukup mudah memperbaikinya sendiri.

Namun, jika masalahnya tidak teratasi sendiri, pertimbangkan menggunakan jasa profesional untuk memperbaikinya serta mencegah permasalahan berlanjut.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com