Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Pisau Blender dan Food Processor Tetap Tajam dan Awet

Kompas.com - 05/05/2022, 21:38 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan pisau dapur, pisau blender dan food processor juga harus dirawat dan diasah agar membuatnya tetap tajam serta tahan lama. 

Selain diasah, pisau blender dan food processor juga perlu diganti jika sudah tidak berfungsi dengan baik. 

Baca juga: 4 Jenis Pisau yang Wajib Dimiliki Setiap Dapur 

"Pisau dan cakram untuk pada food processor jarang perlu diganti jika dirawat dan digunakan dengan benar," kata Mary Rodgers, Direktur Komunikasi Pemasaran untuk Cuisinart and Waring dilansir dari The Spruce Eats, Kamis (5/5/2022).

Satu-satunya hal yang membuatnya perlu diganti adalah jika rusak karena penggunaan yang tidak semestinya atau terjatuh.

Dengan membersihkan dan merawat pisau blender dan food processor dengan benar, dapat memastikan pisau bertahan selama bertahun-tahun. 

Baca juga: Penyebab Pisau Berkarat dan Cara untuk Menghilangkannya  

Merawat pisau food processor

Ilustrasi food processor. SHUTTERSTOCK/GCAFOTOGRAFIA Ilustrasi food processor.
Untuk membersihkan pisau dan cakram food processor, segera membilasnya setelah setiap kali digunakan agar sisa makanan tidak mengering, yang akhirnya dapat membuatnya lengket dan lebih sulit dikeluarkan.

Untuk membersihkan pisau dengan tangan, cuci dengan air sabun hangat. Gunakan spons atau scrubber bertekstur, lalu gosok dari bagian tengah bilah logam ke tepi untuk menghindari bahaya terkena pisau.

Menggunakan sabun cuci piring berbahan keras, air panas, dan mesin pencuci piring tidak terlalu baik untuk pisau food processor dan blender. 

Baca juga: Ketahui, Ini Perbedaan Blender dan Food Processor

Bahkan, meski instruksi manual mengatakannnya aman untuk mesin pencuci piring, disarankan selalu mencuci pisau blender serta food processor dengan tangan.

Namun, jika tetap ingin membersihkan pisau dengan mesin pencuci piring, letakkan pisau di rak paling atas. Meletakkanya di rak bawah dapat merusak pisau blender dan food processor seiring waktu karena panasnya air.

"Jangan pernah menggunakan pembersih abrasif pada pisau dan cakram Anda," kata Rodgers.  

Baca juga: Wadah Blender Plastik Vs Kaca, Mana yang Lebih Baik?

Merawat pisau blender

Ilustrasi blender.SHUTTERSTOCK/NAZAROVSERGEY Ilustrasi blender.
Untuk membersihkan pisau blender, lepaskan tabung blender dari dasar motor dengan mengangkat tabung lurus ke atas dan menjauh.

Setelah itu, putar cincin pengunci serta pisahkan dari paking karet dan unit pisau sesuai dengan instruksi pabrik. 

Kemudian, cuci unit pisau dengan air sabun hangat, bilas, dan keringkan secara menyeluruh. Untuk sebagian besar blender, cincin pengunci dapat dicuci di rak atas mesin pencuci piring atau dicuci dengan air sabun hangat. 

Baca juga: Catat, 3 Kesalahan Umum dalam Penggunaan Blender

Untuk blender yang tidak memiliki bilah yang dapat dilepas, segera mencucinya setelah menggunakannya. Caranya, isi tabung blender sekitar 1/3 penuh dengan air hangat dan satu atau dua tetes sabun cuci piring.

Tutup blender dan jalankan dengan kecepatan sedang selama sekitar 10 detik, kemudian bilas blender dengan air bersih atau menggunakan spons untuk menyeka residu yang tersisa dari bilah atau bagian dalam stoples atau wadah blender. 

Selanjutnya, keringkan blender serta food processor hingga mengeringkan sebelum menyimpannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com