Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Tampilan Rumah Kecil Bergaya Japandi di Ibu Kota

Kompas.com - 01/06/2022, 20:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah-rumah kecil atau mungil kini menjadi pilihan favorit masyarakat perkotaan karena harga tanah yang terus meningkat. 

Namun, penataan funitur dan gaya desain harus diperhatikan untuk mendapatkan tampilan rumah mungil yang nyaman. 

Baca juga: 8 Tips Menghemat Listrik di Rumah Kecil 

Ayusarita, pemilik atau orang yang tinggal di rumah kecil, misalnya, untuk memaksimalkan penggunaan lahan, ia memutuskan membuat furnitur costum dan menggunakan jasa desainer interior untuk menata rumahnya.

"Dari awal, bentuk rumah sudah seperti ini dari developer dan layout ruangannya sudah seperti ini. Akhirnya, saya dan suami memutuskan membuat furnitur costum yang banyak memiliki storage dan multifungsi," ucap perempuan yang disapa Ririe kepada Kompas.com, Rabu (1/5/2022). 

Baca juga: 5 Warna Cat Terbaik untuk Meningkatkan Nilai Jual Rumah 

Furnitur multifungsi

Ilustrasi rak bumbu multifungsi Dok/Instagram @a_s_ruma Ilustrasi rak bumbu multifungsi
Rumah Ririe berada di salah satu perumahan di Jakarta Barat dengan ukuran 100/120 meter persegi (LT/LB). Rumah itu sudah ditinggal Ririe dan suami selama satu tahun. 

Ketika memasuki rumahnya, tamu akan langsung menemui area reading corner yang memiliki rak buku, satu kursi, dan lampu. Di depan reading corner, Ririe meletakkan meja serta cermin untuk mempercantik ruangan.

"Meja di depan reading corner area foyer biasanya untuk meletakkan kunci dan masker," ucap pemilik akun Instagram @a_s_ruma ini.  

Baca juga: 8 Cara Mudah Menerapkan Konsep Minimalis di Rumah

Untuk membedakan ruang privasi dan publik, di samping reading corner, Ririe meletakkan sebuah partisi yang dapat dipindahkan saat ada acara keluarga yang memerlukan lahan lebih luas.

Ia juga memilih meja makan yang dapat dilipat sehingga menghemat ruang ketika tidak digunakan. Selain itu, Ririe mengungsung konsep open layout pada area TV dan dapur sehingga membuat dua ruangan lebih berdekatan.

Sebagai pembeda ruang, Ririe menggunakan island table berukuran sedang di antara ruang TV dan dapur. "Biasanya, meja ini (island table) untuk tempat makan juga, menunggu makanan jadi, sehingga bisa multifungsi," ungkap perempuan asal Yogyakarta ini. 

Di dapurnya, Ririe menggunakan cooker hood untuk mengisap asap dari masakannya sehingga tidak menyebar ke ruang TV. Ia juga menanam beberapa tanaman di dapur. 

Baca juga: 3 Elemen Wajib yang Perlu Diterapkan di Rumah Minimalis

Japandi style

Tampilan dapur di rumah kecil milik AyusaritaDok/Instagram @a_s_ruma Tampilan dapur di rumah kecil milik Ayusarita
Saat memasuki rumah, terasa nyaman dan hangat akan langsung terasa karena ia menonjolkan warna coklat dan putih pada setiap furniturnya.

Ririe mengatakan bahwa ia menyukai Japandi style dan menerapkannya di dalam rumahnya.  "Memilih desain Japandi style karena merasa lebih homey dan nyaman," jelasnya. 

Beberapa furnitur seperti bagian belakang TV, rak, kabinet dapur, hingga tangga menggunakan bahan HPL dengan warna-warna kayu.

Baca juga: Mengenal Desain Bergaya Japandi dan Cara Menerapkannya di Rumah 

"Memilih bahan HPL karena tidak akan kena rayap, lebih murah, perawatannya mudah, dan memiliki pilihan yang banyak," ungkap Ririe.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com