Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tak Disimpan di Dalam Kulkas, Apa Saja?

Kompas.com - 19/05/2022, 12:54 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Lemari es merupakan alat elektronik yang sangat dibutuhkan rumah tangga. Suhu dingin pada lemari es dapat membuat makanan tahan lebih lama dan mencegah makanan cepat membusuk akibat bakteri.

Namun ternyata tidak semua jenis makanan bisa disimpan di dalam lemari es. Ada beberapa jenis makanan yang justru akan kehilangan nutrisi dan kualitasnya saat disimpan di suhu dingin.

Melansir dari Food Network, Kamis (19/05/2022), berikut ini merupakan 7 jenis makanan yang sebaiknya tidak disimpan di lemari es.

Baca juga: 4 Tips Menyimpan Ayam di Kulkas agar Awet hingga 2 Bulan

Melon utuh

Simpan buah-buahan utuh seperti melon, semangka dan melon jingga di atas meja dengan suhu ruang untuk rasa terbaik.

Penelitian USDA menemukan bahwa penyimpanan buah-buahan jenis melon pada suhu ruang dapat membantu menjaga antioksidan lebih utuh. Setelah dipotong, simpan di lemari es selama tiga hingga empat hari.

Baca juga: Bolehkah Meletakkan Kulkas Berdekatan dengan Oven di Dapur?

Kentang

Salah satu jenis sayuran yang sebaiknya tidak disimpan di dalam lemari es adalah kentang. Suhu dingin di dalam lemari es akan memecah pati dalam kentang.

Ini akan membuatnya menjadi manis dengan tekstur berpasir yang tidak enak. Tempat terbaik untuk menyimpan kentang adalah di area yang kering dan teduh.

Baca juga: 5 Cara Mengurangi Risiko Kulkas Rusak, Apa Saja?

Madu

Ilustrasi madu. PIXABAY/EXPLORERBOB Ilustrasi madu.

Di suhu dingin madu dapat mengkristal dan membeku, untuk itu meletakkannya di dalam lemari es kurang tepat untuk menyimpan madu.

Untuk menjaga kualitas madu, sebaiknya simpan madu pada suhu ruang. Suhu ruangan sangat ideal untuk menjaga agar pemanis alami ini tetap lengket.

Baca juga: 7 Tips Mengatur Bahan Makanan di Kulkas Menurut Para Ahli

Tomat

Selain kentang, tomat juga merupakan jenis bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam lemari es.

Suhu dingin lemari es dapat membuat tomat kusam dan bertepung. Sebaiknya simpan tomat di konter dapur, jika kurang matang coba letakkan di dekat jendela.

Baca juga: Ini Alasan Perlu Memberikan Jarak antara Kulkas dan Dinding

Bawang merah dan putih

Bawang merah yang belum dikupas sebaiknya disimpan di area yang kering. Kelembaban lemari es membuat bawang merah berjamur dan lembek.

Setelah dikupas, masukkan ke dalam kantong kedap udara di laci kulkas bagian sayuran. Sama halnya dengan bawang putih, sebaiknya simpan di dalam wadah yang sejuk, kering dan berventilasi.

Baca juga: Tips Menghias Pintu Kulkas agar Tampak Lebih Menarik

Saus cabe

Kamu tidak perlu menyimpan sambal atau saus cabe di dalam lemari es. Saus cabe mengandung cuka yang dapat memperlambat tumbuhnya bakteri. Selain itu kualitas dan rasa pedas dari cabe dan paprika juga akan lebih tahan lama di suhu ruang.

Roti

Meskipun kamu berniat untuk memperpanjang usia roti dengan mencegah pertumbuhan jamur, ternyata menyimpan roti di dalam lemari es tidak dianjurkan.

Suhu dingin di lemari es dapat membuat roti menjadi kering. Sebaiknya simpan roti di konter area dapur atau meja makan.

Jika kamu memiliki banyak persediaan roti, bekukan roti di dalam freezer dan panggang sesuai kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com