Kompas.com - 19/05/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Tak hanya pada pakaian, keringat berlebih yang dihasilkan saat kita tidur juga dapat menempel pada permukaan sprai.

Untuk itu saat memilih seprai sebaiknya bukan hanya motif seprai yang perlu kamu pertimbangkan, namun juga pilih serat kain yang breathable dan tidak menyebabkan bau keringat.

Pada beberapa kasus aroma keringat yang terlalu kuat sulit dihilangkan meskipun sudah mengalami proses pencucian.

Oleh sebab itu kamu memerlukan beberapa bahan tambahan untuk membuatnya jauh lebih bersih dan tak lagi berbau apek.

Melansir dari Hunker, Kamis (19/5/2022), berikut ini merupakan langkah mudah mencuci seprai agar aromanya kembali segar.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kuning pada Seprai dengan 2 Bahan di Dapur

Alat dan bahan

  • Cuka putih
  • Baking soda
  • Deterjen cuci baju

Langkah-langkah membersihkan bau keringat di permukaan sprai

Ilustrasi lemari, ilustrasi lemari handuk, ilustrasi lemari seprai.SHUTTERSTOCK / Kostikova Natalia Ilustrasi lemari, ilustrasi lemari handuk, ilustrasi lemari seprai.

Langkah 1: Bersihkan noda membandel

Jika terdapat noda membandel pada seprai, cobalah untuk membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan larutan cuka putih.

Campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan yang sama, semprotkan larutan ke permukaan seprai dengan kotoran yang membandel.

Cuka dapat menyerap bau dan mengangkat kotoran yang membandel. Selain cuk kamu juga bisa menaburkan baking soda di keranjang cucian.

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Seprai yang Sering Bergeser dari Kasur

Langkah 2: Cuci seprai dengan mesin cuci

Cuci seprai yang berbau keringat ke dalam mesin cuci. Pilih siklus pencucian rendam dan isi mesin cuci dengan air panas. Sebaiknya periksa label perawatan pada sprei terlebih dahulu. Gunakan air secukupnya hingga sprei terendam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.