Kompas.com - 18/05/2022, 14:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Olahan daging ayam di Indonesia cukup beragam karenanya jenis lauk yang satu ini cukup populer dan disukai banyak orang.

Berbagai bagian ayam seperti daging, ati, ampela dan ceker dapat kamu olah menjadi bermacam-macam masakan. Agar lebih praktis, biasanya kita membeli ayam dalam jumlah banyak untuk disimpan di dalam freezer.

Penyimpanan yang tepat dapat membuat ayam awet hingga 2 bulan di freezer, sebaliknya penyimpanan yang kurang tepat akan membuat ayam cepat berlendir dan bau.

Baca juga: Bolehkah Meletakkan Kulkas Berdekatan dengan Oven di Dapur?

Melansir dari kanal Youtube Amanda Chastity, Rabu (18/5/2022), karena kamu akan menyimpan ayam dalam keadaan beku sebaiknya bagi ayam kedalam wadah sesuai dengan porsi yang akan kamu gunakan.

Setelah mencairkan stok ayam beku, sisa ayam yang tidak termasak biasanya akan dikembalikan ke dalam freezer. Tentunya ini akan mempengaruhi kualitas ayam sehingga ayam mungkin akan lebih cepat rusak.

Baca juga: 5 Cara Mengurangi Risiko Kulkas Rusak, Apa Saja?

Menyimpan ayam

Sebelum disimpan cuci bersih ayam di bawah air mengalir, pastikan sisa-sisa darah dan kotoran yang menempel hilang. Potong ayam sesuai dengan kebutuhan agar mempermudah saat akan memasak. Simpan ayam dalam wadah yang tertutup rapat.

Menyimpan ceker ayam

Untuk bagian ceker, pilih ceker dengan bagian telapak mulus dan bersih tanpa bercak hitam yang menempel. Potong bagian kuku dan bersihkan sisa kulit yang masih menempel. Masukkan ceker ke dalam wadah tertutup, kamu bisa membaginya kedalam beberapa porsi masakan.

Baca juga: 7 Tips Mengatur Bahan Makanan di Kulkas Menurut Para Ahli

Menyimpan ati dan ampela ayam

Sebelum menyimpan ati ayam, bersihkan darah-darah yang menempel pada hati dan buang kotoran seperti serabut yang menempel di ampela. Setelah bersih masukkan ati dan ampela ke dalam wadah tertutup, ati dan ampela pun siap untuk disimpan ke dalam freezer.

Menyimpan fillet ayam

Setelah fillet dibersihkan, buang sisa tulang yang masih menempel dan buang sisa-sisa lemak yang tidak akan kamu gunakan. Bagi dan potong fillet sesuai dengan ukuran yang akan kamu butuhkan.

Kamu bisa memotongnya dengan ukuran 1/2 dada ayam untuk memasak kungpao atau ayam shihlin. Sisanya bisa kamu potong 4 bagian lalu disimpan dalam 4 plastik kecil untuk memasak ayam tumis atau mie goreng ayam.

Setelah seluruh bagian ayam bersih dan disimpan di dalam wadah tertutup, masukkan kedalam freezer. Potongan ayam ini dapat tahan hingga 1-2 bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.