Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 6 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Loteng

Kompas.com - 16/05/2022, 16:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Loteng merupakan salah satu area di rumah yang sering kali menjadi tempat menyimpan barang-barang, baik yang masih digunakan maupun yang sudah tidak lagi terpakai. 

Tak heran, sangat mudah untuk loteng menjadi penuh, kotor, dan berantakan. Namun, sebetulnya ada beberapa barang yang tidak boleh disimpan di loteng

Baca juga: Ingin Merenovasi Loteng Rumah? Pertimbangkan 4 Hal Ini Terlebih Dulu

Hal ini karena lingkungan loteng dapat berisiko merusak barang tersebut seperti suhu yang tidak sesuai dan menciptakan tempat bersarang yang sempurna untuk hama.

Dikutip dari Country Living, Senin (16/5/2022), berikut enam barang yang tidak boleh disimpan di loteng menurut ahli kebersihan Joyce French.

Furnitur kayu 

Ilustrasi furnitur kayuUnsplash/Nathan Oakley Ilustrasi furnitur kayu
Furnitur kayu menjadi barang yang tidak boleh disimpan di loteng. Menyimpan furnitur kayu di loteng dapat menyebabkan lembap, retak, melengkung, bahkan digerogoti rayap.

Apabila furnitur kayu tersebut sudah tidak lagi digunakan, tetapi kondisinya masih bagus, sebaiknya menjualnya ke tok furnitur bekas atau memberikan kepada keluarga atau orang yang membutuhkannya. 

Baca juga: 5 Ide Memanfaatkan Loteng Sebagai Ruang Tambahan di Rumah 

Dekorasi Natal 

Menyimpan dekorasi Natal di loteng sampai akan digunakan kembali pada Natal berikutnya dapat merusak cat, kain, dan beberapa ornamen plastik secara serius.

Hal ini karena panas dapat menyebabkannya dekorasi Natal melengkung. Ditambah, loteng rentan terhadap kelembapan yang dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan beberapa barang.

Sebagai gantinya, cobalah menyimpan dekorasi Natal ke dalam wadah plastik di tempat sejuk, seperti garasi

Baca juga: 8 Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Loteng Rumah 

Dokumen penting 

Ilustrasi dokumen. Shutterstock/JARIRIYAWAT Ilustrasi dokumen.
Selanjutnya, barang yang tidak boleh disimpan di loteng adalah dokumen penting. Loteng dapat mencapai suhu sangat tinggi pada bulan-bulan yang lebih panas. Bahkan suhu ini cukup untuk merusak beberapa kertas dan dokumen penting yang disimpan di sana. 

Belum lagi, kelembapan berlebih dapat menyebabkan dokumen tersebut memudar dan menempel satu sama lain, yang pada akhirnya merusaknya. 

Peralatan elektronik 

Kerusakan sirkuit listrik karena panas berlebih di loteng dapat menyebabkan kerusakan permanen pada perlatan elektronik yang disimpan di sana.

Alih-alih menyimpan peralatan elektronik di tempat sejuk dan di lantai bawah, sebaiknya menyumbangkan atau menjualnya bila masih dalam keadaan bagus. 

Baca juga: 4 Pembaruan Garasi yang Dapat Meningkatkan Nilai Jual Rumah 

Kotak karton 

Kotak karton dapat didaur ulang dan sempurna untuk penyimpanan. Namun, kotak karton menjadi barang yang tidak boleh disimpan di loteng. Sebab, kotak karton dapat menjadi  tempat sempurna untuk tikus dan serangga bersarang serta memakannya.

Selain itu, kotak karton juga bisa menjadi lembap, yang pada akhirnya dapat merusak barang-barang di dalamnya. 

Baca juga: 7 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Garasi, Ini Bahayanya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com