Kompas.com - 16/05/2022, 12:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rayap merupakan serangga kecil yang ukurannya kira-kira sebutir beras, tetapi kerusakan yang ditimbulkannya bisa sangat parah.

Saking kecilnya, ditambah rayap bekerja secara diam-diam, sering kali banyak penghuni rumah yang tidak menyadari ancaman tersebut. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Cara Terbaik Membasmi Rayap dari Rumah

Ancaman rayap ke rumah tidak dapat diidentifikasi sampai serangga itu mendatangkan malapetaka yang signifikan pada hunian. Rayap bisa menghancurkan rumah, bahkan minimbulkan kerusakan mahal pada kemudian hari. 

Dilansir dari Expert Home Report, Senin (16/5/2022), secara nasional, kerusakan yang disebabkan rayap menelan biaya total rata-rata sebesar US$5 miliar setiap tahun. Angka ini seharusnya membuat Anda khawatir dengan keberadaan rayap yang menyerang rumah. 

Seperti diketahui, rayap adalah pencinta kayu. Salah satu ruangan di rumah yang memiliki banyak kayu adalah dapur. Hal ini kemungkinan besar rayap akan menggerogoti berbagai permukaan kayu di dapur.

Untuk menghindarinya, berikut beberapa tanda-tanda kemunculan rayap di dapur. 

Baca juga: 5 Cara Super Efektif Mengatasi Rayap di Furnitur Kayu 

Lantai kayu menggelembung 

Ilustrasi rayap, rayap menyerang kayu di rumah. SHUTTERSTOCK/PLEW KOONYOSYING Ilustrasi rayap, rayap menyerang kayu di rumah.
Lantai kayu kerap menjadi pilihan banyak dapur karena dapat mempercantikan dan memberi kenyamanan.

Namun, bila menemukan adanya gelembung atau lepuh aneh pada lantai kayu, hal ini bisa menandakan rayap telah berada di dalamnya. Untuk itu, Anda harus segera bertindak mengatasinya karena serangan rayap tersebut telah cukup parah. 

Baca juga: Letakkan 3 Tanaman Ini untuk Singkirkan Rayap dari Rumah 

Permukaan kayu berlubang dan rusak 

Kayu berlubang atau rusak adalah tanda adanya serangan rayap. Kerusakan ini dapat ditemukan di bawah dan belakang permukaan seperti dinding dapur Anda, lantai, lemari, dan rak.

Kayu yang berlubang dan rusak ini disebabkan rayap mengunyah kayu untuk mencari selulosa. Akibatnya, meninggalkan alur yang panjang dan mengurangi kekokohan properti.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.