Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengembalikan Warna Tas Kulit yang Memudar Kembali Baru

Kompas.com - 16/05/2022, 15:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang gemar menggunakan tas kulit karena tampilannya yang elegan serta materialnya yang tebal dan tahan lama.

Namun, seiring waktu, tas kulit yang sering terkena paparan sinar matahari dapat membuat materialnya menjadi pudar sehingga kurang elagan dan menarik. 

Baca juga: 4 Cara Alami Menghilangkan Bau pada Sepatu Kulit

Bagi sebagian orang, warna tas kulit yang pudar menandakan bahwa sudah waktunya perlu  mengganti tas yang baru, padahal tak selalu demikian.

Tas kulit yang pudar sebetulnya dapat diatasi dengan mengembalikan warnanya. Dikutip dari Von Baer, Senin (16/5/2022), berikut cara mengembalikan warna tas kulit yang memudar kembali baru seperti berikut. 

Baca juga: Ketahui, Ini 3 Kelebihan Furnitur Berbahan Kulit Poliuretan

Bersihkan tas kulit 

Ilustrasi tas kulit.SHUTTERSTOCK / pzAxe Ilustrasi tas kulit.

Langkah pertama adalah membersihkan semua permukaan tas kulit secara lembut menggunakan pembersih khusus material kulit berkualitas tinggi.

Kemudian, oleskan sedikit kondisioner material kulit secara merata sembari dipijat agar produk meresap ke material dan bersihkan kelebihan kondisioner. 

Baca juga: 6 Furnitur Kulit yang Cocok Digunakan di Rumah 

Gunakan semir berkualitas tinggi

Setelah itu, gunakan semir berkualitas tinggi yang warnanya sama dengan warna tas kulit. Jika sulit menemukannya, pilih semir yang sedikit lebih gelap dari warna tas.

Uji sedikit semir pada area tas yang tidak mencolok. Ingatlah bahwa produk basah akan terlihat sedikit lebih gelap daripada saat kering. Jika menyukai warnanya, lanjutkan proses pembersihan tas kulit. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kulit agar Tidak Merusaknya

Oleskan semir

Ilustrasi tas kulit.SHUTTERSTOCK / canonzoom Ilustrasi tas kulit.

Gunakan sarung tangan pelindung saat hendak mengoleskan semir ke tas kulit karena beberapa produk dapat merusak kulit manusia.

Selanjutnya, gunakan kain katun bersih untuk mengoleskan semir. Langkah ini perlu dilakukan lebih dari sekali, bahkan mengoleskan semir sebanyak tiga hingga empat kali.

Jadi, tidak perlu khawatir jika saat pertama mengoleskan semir, tas kulit tidak menampilkan efek yang diinginkan.

Setelah semir dioleskan ke semua permukaan tas kulit, diamkan sekitar 20 menit agar semir meresap.

Baca juga: Cara Memperbaiki Tampilan Benda dan Furnitur Kulit yang Mulai Rusak

Bersihkan sisa semir

Gunakan lap bersih untuk menghilangkan sisa semir dan membuat tas kulit tampak lebih bersinar. Setelah benar-benar kering, semir seharusnya tidak akan menempel pada lap.

Sebelum tas kulit digunakan, periksa kembali hasil semirnya untuk memutuskan apakah perlu mengoleskan semir kembali atau tidak.

Terkait dengan perawatan lanjutan, oleskan kondisioner khusus material kulit setiap dua hingga enam bulan, tergantung pada seberapa banyak kamu menggunakan tas kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com