Kompas.com - 16/05/2022, 15:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan di dalam ruangan rumah menjadi sebuah hal yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik rumah.

Sebab, pencahayaan di dalam ruangan tidak hanya sekadar penerangan yang membantu penghuni rumah beraktivitas, tetapi juga bisa menjadi elemen dekoratif sekaligus membangun suasana di suatu ruangan.

Oleh sebab itu, ada beberapa kesalahan yang perlu dihindari pada pencahayaan di dalam ruangan.

Baca juga: Tips Feng Shui Pencahayaan Kamar Tidur, Jangan Pakai Lampu Warna Merah

Dikutip dari akun Instagram @gravelindonesia, Senin (16/5/2022), berikut ini kesalahan pencahayaan di dalam ruangan yang harus dihindari.

Ilustrasi lampu gantung di area pintu masuk rumah, Ilustrasi area pintu masuk rumah, ilustrasi tangga menghadap pintu masuk rumah.Shutterstock/pics721 Ilustrasi lampu gantung di area pintu masuk rumah, Ilustrasi area pintu masuk rumah, ilustrasi tangga menghadap pintu masuk rumah.
Cahaya terlalu silau

Silau bisa diakibatkan oleh sumber cahaya yang cenderung tunggal, pemantulan cahaya yang tidak tepat, dan penggunaan lampu yang terlalu kuat.

Tidak sedikit pemilik rumah sering mengkompensasi kebutuhan ruangan yang lebih terang dengan penggunaan lampu ber-watt besar dari satu titik saja.

Hal itu membuat pantulan cahaya lebih terpusat di satu area dan membuat area tersebut menjadi silau.

Kamu bisa membuat cahaya lampu lebih menyebar dengan menggunakan dome lampu (dome light) yang tepat atau memperbanyak titik lampu.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Cahaya Alami di Dalam Rumah

Terlalu banyak lampu pada satu sakelar

Jika ingin menggunakan beberapa lampu pada satu sakelar, seharusnya tidak menggunakan terlalu banyak lampu.

Ketika sakelar dinyalakan, seluruh lampu akan menyala serentak dan tentunya akan boros listrik. Jadi, kamu bisa memisahkan sakelar untuk sumber cahaya berbeda di satu area.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.