Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Meningkatkan Nilai Jual Rumah, Apa Saja?

Kompas.com - 27/04/2022, 07:13 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga jual sebuah rumah atau real estate dipengaruhi beberapa faktor seperti lokasi, kualitas lingkungan, aksesibilitas, dan kondisi rumah.

Namun, penting juga mempertimbangkan kualitas estetika dan fungsional saat memikirkan nilai pasarnya. 

Baca juga: 7 Hal Sepele yang Dapat Menurunkan Nilai Jual Rumah, Apa Saja?

Maka itu, berinvestasi dalam pemeliharaan rumah adalah keputusan bijaksana yang bisa meningkatkan nilai jual rumah pada masa mendatang.

Dengan cara ini, Anda dapat mempertahankan keunggulan kompetitif serta menarik lebih banyak pembeli bila berencana ingin menjual rumah

Baik ingin menjual properti atau membangun ekuitas, berikut beberapa cara meningkatkan nilai rumah Anda dilansir dari My Decorative, Rabu (27/4/2022). 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Sewa agen real estate yang efektif

Ilustrasi rumah, ilustrasi halaman depan rumah.Shutterstock/Nature's Charm Ilustrasi rumah, ilustrasi halaman depan rumah.
Dalam banyak hal, menyewa agen real estate yang efektif dapat meningkatkan nilai rumah Anda. 

Agen profesional dapat membantu Anda menilai rumah dengan tepat, mempercepat proses penjualan sambil memastikan mendapatkan nilai terbaik untuk properti Anda.

Selain itu, mereka dapat memberi Anda nasihat berharga dalam hal perbaikan rumah yang dapat membantu mendapatkan lebih banyak nilai dari hasil menjual rumah. 

Menurut www.localagentfinder.com.au, memperoleh layanan dari agen real estate yang sangat baik dapat dengan cepat membantu Anda memperoleh uang lebih banyak dari penjualan rumah.

Jadi, sangat penting memilih agen real estate yang tepat untuk membantu Anda mencapai nilai jual rumah. 

Baca juga: 6 Cara Menjual Rumah Dalam Waktu Singkat

Tingkatkan daya tarik luar rumah 

Eksterior rumah dapat mempengaruhi nilai jual rumah secara signifikan di mata calon pembeli. Dengan meningkatkan daya tarik estetika halaman depan rumah, akan lebih mudah  memberikan titik harga yang kompetitif, terutama jika desainnya menonjol dari sudut pandang jalan.

Selain itu, eksterior yang menarik bisa meningkatkan kemungkinan beberapa pembeli potensial menyatakan minatnya untuk membeli rumah Anda dan harganya bisa naik karena permintaan yang meningkat. 

Baca juga: 6 Warna Cat Eksterior yang Dapat Membantu Menjual Rumah

Investasi dalam renovasi dapur dan kamar mandi

Ilustrasi dapur, ilustrasi lantai kayu di dapur. Shutterstock/Breadmaker Ilustrasi dapur, ilustrasi lantai kayu di dapur.
Selain eksterior rumah, Anda juga perlu melakukan renovasi dapur dan kamar mandi untuk mendapatkan harga yang lebih baik untuk rumah. 

Pembeli rumah memberikan pertimbangan yang signifikan terhadap area umum ini dan mereka biasanya menentukan apakah sebuah rumah akan diminati atau tidak.

Meski merenovasi kamar mandi atau dapur memerlukan biaya mahal, Anda dapat mempertimbangkan melakukan pekerjaan sebagian dan menambahkan sentuhan halus seperti desain pencahayaan, memasang meja baru, atau mengganti ubin lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com