Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Gorden agar Kembali Bersih Seperti Baru

Kompas.com - 26/04/2022, 19:22 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci gorden adalah tugas penting yang perlu dilakukan secara rutin, setidaknya setiap tiga sampai enam bulan sekali.

Namun, apabila mencuci gorden tampak seperti tugas yang rumit, kenyataannya ini bisa lebih mudah dari yang kamu pikirkan.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (26/4/2022), berikut ini panduan cara mencuci gorden agar kembali bersih seperti baru.

Baca juga: Kapan Gorden di Rumah Harus Diganti?

Pastikan cuaca cerah dan hangat sebelum mencuci gorden

Saat ingin mencuci gorden, pastikan cuaca cerah dan hangat agar gorden mengering di udara terbuka setelah melewati siklus pencucian yang lembut.

Jika kondisi cuaca mendukung, lepas gorden beserta semua kait dan pemberat gorden. Setelah itu kibaskan gorden untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Rendam gorden di dalam air dingin

Rendam gorden di dalam air suhu dingin untuk menghilangkan debu maupun kotoran yang masih menempel, lalu cuci dengan hati-hati sesuai jenis kainnya.

Cuci gorden

Baca juga: Panduan Memilih Gorden yang Tepat untuk Kamar Tidur

Jika mencucinya dengan tangan, pastikan detergen benar-benar larut sebelum merendam gorden. Selain itu, gorden jangan disikat atau diperas.

Kemudian, peras air dari gorden sebanyak mungkin, atau gunakan pengering mesin cuci dengan putaran singkat.

Jika mencuci gorden dengan mesin cuci, periksa petunjuk perawatan gorden yang kamu miliki. Jika tidak ada, gunakan program mencuci untuk bahan halus.

Jemur gorden

Jemur gorden di tempat hangat dan cerah, tetapi tidak langsung terpapar sinar matahari. Kamu tidak perlu menjemur sampai kering, hanya sampai lembap saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com