Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Skema Warna yang Dapat Memberi Ketenangan di Ruang Keluarga

Kompas.com - 26/04/2022, 23:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai macam cara membuat ruang keluarga terasa lebih nyaman sehingga membuat anggota keluarga semakin betah berada di rumah

Mulai dari, menambahkan barang seperti sofa atau karpet, mengubah warna cat dinding ke warna yang memberi nuansa ketenangan, hingga mengubah dekorasi ruang keluarga.

Baca juga: 3 Furnitur untuk Meningkatkan Kenyamanan di Ruang Keluarga

Cara lain membuat ruang keluarga terasa lebih nyaman adalah menghadirkan skema warna tertentu pada semua permukaan yang ada, dari dinding, gorden, sampai bantal dekoratif.

Dikutip dari Real Simple, Selasa (26/4/2022), ada empat skema warna yang dapat memberi suasana tenang dan nyaman di ruang keluarga sebagai berikut.

Beige dan hijau tua

Ilustrasi ruangan dengan skema warna hijau tua dan peach.SHUTTERSTOCK / Ume illustration Ilustrasi ruangan dengan skema warna hijau tua dan peach.

Beige adalah warna netral klasik untuk ruang keluarga. Warna ini dapat dikombinasikan dengan hijau tua untuk menampilkan paduan warna yang tak terduga.

Kedua warna ini cocok dimasukkan ke ruang keluarga berkonsep tradisional, lalu pasangkan dengan sofa berwarna netral dan bantal dekoratif berwarna coklat tua.

Baca juga: 4 Tips Mengatur Furnitur di Sekitar Sofa Ruang Keluarga

Hijau tua dan peach

Selain beige, hijau tua juga bisa dipadu padankan dengan peach hangat. Skema warna ini menciptakan kontras yang membuat peach menjadi warna yang benar-benar menonjol.

Skema warna tersebut bisa ditampilkan melalui sofa hijau tua atau dinding aksen berwarna hijau zaitun gelap, lalu dilengkapi bantal dekoratif berwarna peach hangat.

Lengkapi ruang keluarga dengan karpet bulu yang empuk dan throw blanket (selimut dekoratif) untuk menambah tekstur ke dalam ruangan.

Baca juga: 6 Aksesori yang Wajib Dimiliki Saat Mendekorasi Ulang Ruang Keluarga

Biru laut dan putih

Biru laut (navy blue) dan putih adalah skema warna ruang keluarga yang klasik. Warna cat dinding yang gelap dapat membuat ruangan terasa tertutup.

Ilustrasi ruang tamu.SHUTTERSTOCK/Photographee.eu Ilustrasi ruang tamu.

Akan tetapi, warna biru tua yang dipadukan dengan furnitur putih justru membuat ruang keluarga terasa segar, bersih, sekaligus memberi sedikit nuansa khas laut lepas.

Salah satu cara menghadirkan skema warna ini adalah menghadirkan biru laut sebagai warna aksen di dalam ruang keluarga berdinding putih seperti melalui sofa, bantal dekoratif, atau vas bunga

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Ruang Keluarga yang Menarik dan Fungsional

Oranye dan putih

Skema warna dari kombinasi oranye dan putih dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia ketika berada di ruang keluarga.

Putih membuat warna oranye terlihat lebih menonjol, yang mana oranye dikenal sebagai warna yang dapat membawa energi ke dalam ruangan. 

Paduan warna-warna ini terlihat cocok untuk dihadirkan ke dalam ruang keluarga berkonsep abad pertengahan modern (Mid-century modern atau MCM).

Baca juga: 10 Cara Membuat Ruang Keluarga yang Santai dan Menenangkan

Cara menggunakan skema warna ini adalah mengecat dinding menggunakan warna oranye, lalu hadirkan furnitur dan aksesori berwarna putih atau abu-abu.

Warna oranye juga bisa dijadikan sebagai warna dinding aksen dan sofa, lalu putih dijadikan sebagai warna kap lampu meja, bantal dekoratif, pot tanaman hias, dan karpet bulu yang lembut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com