Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Area dan Barang di Rumah yang Sering Lupa Dibersihkan

Kompas.com - 19/04/2022, 14:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah menjadi kegiatan yang rutin dilakukan setiap harinya. Hampir semua orang mengutamakan pentingnya membersihkan rumah secara rutin.

Namun, saat membersihkan rumah, kebanyakan orang hanya membersihkan permukaan dasar dan menyeka permukaan yang terlihat seperti mengepel lantai, mencuci piring, serta membersihkan kloset

Baca juga: 8 Kesalahan Membersihkan Rumah yang Justru Bikin Lebih Kotor

Akibatnya, ada beberapa area atau barang di rumah yang hampir tidak pernah diingat untuk dibersihkan. Tentu saja, hal ini tidak hanya membuat rumah kurang bersih, tetapi juga bisa membahaya kesehatan Anda beserta anggota keluarga.

Nah, dilansir dari My Decorative, Selasa (19/4/2022), berikut lima area dan barang di rumah yang kerap lupa dibersihkan. 

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Membersihkan Rumah Secara Teratur 

Vacuum cleaner 

Ilustrasi membersihkan karpet, ilustrasi vacuum cleaner. Shutterstock/Lucky Business Ilustrasi membersihkan karpet, ilustrasi vacuum cleaner.
Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa alat pembersih seperti vacuum cleaner juga perlu dibersihkan. Itulah sebabnya Anda mungkin tidak memprioritaskan membersihkan vacuum cleaner atau penyedot debu

Padahal, vacuum cleaner menampung debu dan kotoran. Jika tidak dibersihkan, hal ini akan membuat kotoran dan debu berpindah ke area lain di rumah. 

Untuk membersihkan vacuum cleaner, singkirkan tabung dan kosongkan, lalu gunakan kain lembap untuk membersihkan wadah. Anda juga dapat mengganti kantong vakum.

Baca juga: 6 Cara Membuat Kolam Tanaman Hias di Dalam Rumah

Setelah itu, lepaskan filter dan kocok untuk menghilangkan kotoran. Anda bisa mencucinya dengan mengalirkannya di bawah air hangat. Lakukan ini sampai air mengalir jernih di rak atas mesin pencuci piring.

Selain itu, lepaskan gulungan kuas dan potong rambut dan benang yang lepas.
Lap bagian luar vacuum cleaner menggunakan kain lembap. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Rumah dengan Batu Apung 

Gorden dan jendela

Jendela menjadi barang yang kerap terlupakan ketika membersihkan rumah. Maklum, mudah melupakan membersihkannya karena warnanya cocok dengan latar belakang masing-masing ruangan.

Padahal, gorden cenderung mengumpulkan debu, serbuk sari, dan kotoran. Untuk itu, perlu membersihkan jendela dan gorden minimal seminggu sekali. 

Caranya, langkah pertama adalah menyedot debu atau membersihkan menggunakan kain lembap untuk membantu menghilangkan kotoran. Untuk hasil maksimal, cuci gorden ke mesin cuci jika bisa dicuci dengan mesin. 

Selain gorden, kerai juga perlu dibersihkan karena sering mengumpulkan banyak kotoran dan debu. Untuk membersihkannya, gunakan pembersih serbaguna dan keluarkan kerai dari jendela sehingga memudahkan pembersihan serta dapat membersihkan jendela dengan benar. 

Baca juga: 7 Kesalahan Umum Saat Mendekorasi Rumah Minimalis, Apa Saja? 

Kipas angin plafon 

Ilustrasi kipas angin gantung atau plafon. Shutterstock/Casper1774 Studio Ilustrasi kipas angin gantung atau plafon.
Kipas angin plafon cenderung menumpuk lapisan debu tebal pada setiap bilahnya. Debu yang dibiarkan menumpuk dapat menyebar ke semua area rumah.

Karena itu, perlu membersihkan kipas angin plafon sesekali. Untuk membersihkan kipas angin plafon, tutupi setiap bilah dengan sarung bantal, lalu seka permukaan bilah dengan kain mikrofiber

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com