Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips agar Tanaman Mawar Berbunga Lebat dan Subur

Kompas.com - 16/04/2022, 18:20 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Bunga mawar selalu menjadi primadona untuk mempercantik taman karena pesona dan aroma wanginya ketika mekar.

Merawat mawar memang tak begitu sulit. Namun, bila kamu ingin mendapatkan mawar yang berbunga lebat dan subur, ada beberapa tips yang pelu dilakukan.

Dilansir dari Perry Homes, Sabtu (16/4/2022) berikut delapan tips yang bisa kamu coba untuk membuat bunga mawar mekar sepanjang tahun.

Baca juga: 5 Penyebab Daun Bunga Mawar Menguning dan Cara Mengatasinya

Memilih bunga mawar yang akan ditanam

Mawar memiliki banyak sekali jenisnya. Bila kamu ingin mendapatkan mawar yang mekar setiap bulan, ada beberapa jenis mawar yang bisa kamu pilih.

Seperti bright melody, fairy moss, dan knock out. Jenis-jenis mawar tersebut lebih mudah untuk mekar kembali.

Baca juga: Makna Bunga Mawar Menurut Feng Shui

Menjaga kelembapan tanah

Setiap tanaman membutuhkan air untuk hidup. Begitu juga dengan mawar. Kamu perlu memastikan tanahnya selalu lembab yang bisa dilihat dari lapisan luar tanah di pot.

Selain itu, pastikan juga tanah yang kamu gunakan untuk menanam memiliki pori-pori sehingga menciptakan drainase yang baik. Seperti tanah yang telah dicampur bahan organik dan kompos.

Bila proses drainase dalam pot buruk, akar tanaman akan terendam air lebih lama. Sehingga membuat akar tak bisa bernapas dan akhirnya mawar akan mati.

Baca juga: Ketahui, Ini Arti di Balik Setiap Warna Bunga Mawar

Menggunakan kulit pisang sebagai pupuk

Ilustrasi kulit pisang untuk pupuk tanaman. SHUTTERSTOCK/THAMKC Ilustrasi kulit pisang untuk pupuk tanaman.

Kulit pisang mengandung fosfor tinggi, sehingga cocok untuk dijadikan pupuk tanaman mawar karena akan membantunya berbunga.

Cara menggunakannya juga tak rumit. Kamu cukup mengubur beberapa potong kulit pisang di pot bunga mawar. Pastikan untuk menguburnya jauh dari batang tanaman.

Bisa juga dengan memblender kulit pisang, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, kamu bisa menuangkannya secara langsung ke tanah di bawah bunga mawar.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Menanam Bunga Mawar

Memangkas bunga mawar

Kamu perlu memangkas beberapa bagian bunga mawar. Waktu terbaik pemangkasan yakni ketika memasuki musim semi atau sekitar bulan April.

Kamu bisa memangkas batang horizontal yang melintasi tanaman. Sehingga akan menciptakan ruang terbuka dan mengurangi gesekan antar cabang mawar.

Lalu pangkas cabang-cabang mawar yang sakit agar tak menular ke cabang yang lain. Singkirkan juga cabang yang mati dan bunga-bunga mawar yang telah layu.

Baca juga: 9 Tips Merawat Bunga Mawar saat Musim Hujan agar Tidak Layu dan Mati

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com