Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2022, 09:24 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tirai di rumah selain berguna sebagai dekorasi dan menjaga privasi, juga berguna untuk menghalau sinar matahari dan debu.

Jadi, tak ada salahnya kamu meluangkan waktu untuk mencuci tirai agar bisa tahan lama. Sebab, bila membiarkan tirai kotor bisa membuatnya cepat usang akibat dari kotoran yang membusukkan serat kainnya.

Bila kamu ingin membuat tirai tetap tahan lama, sebaiknya membersihkannya dengan benar. Melansir dari Good House Keeping, Jumat (31/03/2022) berikut ini lima langkah membersihkan tirai agar terlihat seperti baru.

Baca juga: 3 Tips Memilih Tirai yang Sesuai untuk Setiap Ruangan

Melepaskan pengait dan pemberat pada tirai

Ketika ingin mencuci tirai, kamu perlu melepaskan semua pengait, pemberat, dan mengendurkan pita heading. Kemudian turunkan keliman atau jahitan ke dalam pada tirai, apabila tirai mengalami penyusutan.

Apabila ada banyak debu pada tirai kamu perlu menggosoknya sebentar. Ini demi membuat debu sedikit hilang dari tirai sebelum masuk ke dalam proses pencucian.

Baca juga: 4 Tips Memilih Tirai Kamar Mandi yang Awet dan Estetik

Mencuci tirai dengan hati-hati

Sebelum mencuci tirai, kamu perlu merendamnya terlebih dahulu. Rendam tirai dengan larutan deterjen secukupnya, pastikan bila detejen telah benar-benar larut dengan air sebelum memasukkan tirai.

Selanjutnya kamu tinggal menggosok pelan-pelan gorden dengan tangan. Jangan sampai menguceknya seperti mencuci baju biasa, karena bisa membuat tirai kusut.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Tirai Kamar Tidur

Membilas tirai dengan tepat

Ilustrasi tirai, ilustrasi penutup jendela, ilustrasi window blind.SHUTTERSTOCK / Photographee.eu Ilustrasi tirai, ilustrasi penutup jendela, ilustrasi window blind.

Selanjutnya bilas tirai sampai bersih atau tak ada sisa sabun yang menempel lagi. Lalu hilangkan atau peras air dari tirai sebanyak mungkin.

Apabila kamu menggunakan mesin cuci, gunakan putaran singkat dan program untuk kain berbahan halus.

Baca juga: Apa Bedanya Tirai dan Penutup Jendela? Ketahui Sebelum Membelinya

Merawat tirai setelah pencucian

Kemudian gantung tirai sampai lembab saja. Lalu setrika saat masih lembab. Lakukan dengan cara merentangkan tirai memanjang agar kerutan di jahitannya tak bertambah. Meski begitu, kamu hanya bisa menyetrika tirai bila label perawatan merekomendasikannya.

Membersihkan batang tirai dan jendela

Bila tirai sudah bersih. Kamu juga perlu membersihkan bagian batang tirainya dari debu yang menempel.

Kamu hanya perlu membasahi kain lembut dengan air sampai terasa lembab. Kemudian mengelap batang tirai sampai bersih.

Baca juga: Cara Mencuci Tirai Shower Plastik agar Bebas Jamur dan Bau Apek

 

Jangan lupa untuk mengelap bagian kusen jendela agar spot tirai di rumah semakin tampak cantik dan seperti baru.

Meskipun begitu, cara di atas tidak cocok untuk semua jenis kain tirai. Misalnya saja tirai yang terbuat dari kain beludru, velour, brokat, wol, atau sutra lebih baik bila dibersihkan dengan metode pencucian kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com