Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Merawat Karpet agar Lebih Tahan Lama Menurut Ahli

Kompas.com - 31/03/2022, 23:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu solusi membuat ruangan di dalam rumah memiliki nuansa hangat adalah menggunakan karpet.

Ada beragam material karpet yang dapat dipilih, di antaranya akrilik, wol, viscose, sutra, dan sutra bambu. Namun, untuk mendapatkan kualitas bagus dan tahan lama, tentu perlu mengeluarkan biaya cukup besar.

Baca juga: Cara Membersihkan Karpet Wol agar Bebas Debu

Merawat karpet dengan baik juga bisa menjaga kualitas dan memperpanjang usia penggunaan karpet.

Founder dan CEO PT Hesita Inti Desain, Tama Florentina, mengatakan kunci merawat karpet supaya tahan lama sangatlah mudah. 

“Palingan hanya rajin dibersihin saja. Sesederhana ini,” ungkap dia di Showroom Moire Rugs, Jakarta Selatan, Kamis (31/3/2022).

Baca juga: 4 Hal yang Menyebabkan Karpet Dapat Mempengaruhi Kesehatan Keluarga

Untuk mencerahkan ruangan gelap pilihlah karpet berwarna putih cerah.Unsplash/Hutomo Abrianto Untuk mencerahkan ruangan gelap pilihlah karpet berwarna putih cerah.

Pembersihan secara rutin bertujuan membersihkan debu dari permukaan karpet. Anda bisa membersikan karpet menggunakan penyedot debu dan sapu.

Gunakann sapu untuk menepuk karpet agar semua debu yang menempel terhempas.

Karpet yang ditaruh di bawah kasur, debu dari kasur kan turun ke karpet. Kebas dulu karpetnya, lalu disapu. Itu sudah cukup supaya debu yang nyangkut-nyangkut hilang,” kata Tama.

Baca juga: Tips Membersihkan Noda Semangka pada Karpet

Senada dengan Tama, Project Sales Moire Rugs, Reza Mizanu, mengatakan penyedot debu dapat digunakan untuk menghilangkan bulu hewan peliharaan yang rontok.

Untuk karpet berbahan wol, perlu lebih rutin dibersihkan dengan penyedot debu lantaran benangnya lebih mudah menyerap debu dan bulu hewan peliharaan.

“Karpet wol lebih menyerap karena benangnya dari serat alami. Mereka lebih menyerap ketimbang akrilik. Pengambilan bulu hewan yang rontok cukup divakum saja, yang penting rutin” ujar Reza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com