Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2022, 13:47 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Mencuci pakaian memang gampang-gampang susah. Pasalnya ada banyak hal yang harus diperhatikan agar pakaian berbau harum.

Apabila salah langkah dalam mencuci akan membuat pakaian bisa berbau tak sedap dan meninggalkan noda putih yang tak enak untuk dilihat.

Melansir dari Love to Know, Kamis (31/3/2022) ada tujuh tips untuk membuat cucian memiliki bau yang harum. Yuk, simak agar cucianmu tak lagi berbau tak sedap atau apek.

Baca juga: 5 Keuntungan Memakai Cuka Putih saat Mencuci Pakaian

Membersihkan mesin cuci

Bila kamu memakai mesin cuci, jangan lupa untuk membersihkannya. Hal ini karena mesin cuci juga bisa berjamur. Sehingga bisa membuat pakaianmu berbau tak sedap.

Kamu bisa membersihkan mesin cuci dengan larutan satu banding satu antara cuka dan air. Mungkin juga memakai pemutih pakaian. Lalu jalankan mesin cuci dalam siklus pembersihan. Bila sudah selesai, kamu tinggal mengelapnya dengan handuk atau kain yang lembut.

Setelah mesin cuci bersih, biarkan pintunya terbuka agar udara dan sinar matahari bisa mengeringkannya. Satu hal lagi, kamu hanya boleh memakai salah satu metode saja. Pilih salah satu antara cuka atau pemutih. Jangan campur jadi satu.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Cat Dinding pada Pakaian

Mencuci pakaian dengan air panas

Selanjutnya adalah mencuci pakaian dengan air panas. Cara ini berguna untuk menghilangkan sebum atau kotoran tubuh yang menempel pada pakaian.

Sebum adalah kotoran tubuh yang berminyak. Sehingga untuk menghilangkannya dibutuhkan deterjen dan air panas.

Sebaiknya sebelum mencuci dengan air panas, pastikan kamu sudah menyortir pakaian sesuai bahan kainnya. Sebab, ada baju yang dibuat dari kain sintetis yang tak bisa dicuci dengan air panas.

Selain itu, sortir juga sesuai kebutuhan mencuci. Kotoran tubuh yang tinggi biasanya ada di pakaian dalam dan kaos kaki.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Rokok pada Pakaian

Memakai deterjen yang sesuai dengan pakaian

Ilustrasi deterjen.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi deterjen.

Karena ada pakaian yang 60 persen terbuat dari bahan sintetis. Produsen deterjen pun melakukan inovasi dengan membuat sabun cuci yang bisa menghilangkan sebum meski dicuci hanya dengan air dingin.

Kamu bisa menggunakan sabun jenis ini untuk mencuci pakaian yang tak bisa dicuci dengan air panas. Sebelum mencuci, sebaiknya kamu memperhatikan berapa ukuran sabunnya.

Hal ini bukan hanya untuk menghemat sabun. Namun, juga demi menghindari residu atau noda putih pada pakaianmu setelah kering nanti.

Baca juga: 7 Tips Menghilangkan Bau Keringat pada Pakaian Olahraga

Jangan menumpuk pakaian kotor

Mencuci memang kegiatan yang melelahkan. Walaupun kamu malas untuk mencuci, sebaiknya kamu tak menumpuk pakaian yang benar-benar kotor seperti baju olahraga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com