Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2022, 10:36 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa jenis kucing yang memiliki bulu yang lebih tebal dan panjang, seperti persia, himalaya, maine coon, dan lainnya terkadang mengalami kekusutan.

Dilansir dari Daily Paws, Senin (7/3/2022), kondisi bulu kucing kusut disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari kelembapan, infeksi, hingga minyak yang berlebih di tubuh kucing. Ketika sudah mengalami kekusutan, kucing akan merasa tidak nyaman dan harus segera di atas.

Dokter hewan dan juru bicara  Zesty Paws Lindsay Butzer dan Daniel Lioyryan, penata rambut kucing dan salah satu pemilik Cats in the City di Portland, AS memaparkan cara mencegah bulu kucing kusut, antara lain sebagai berikut. 

Baca juga: Mengobati Kucing Jamuran dengan Asam Jawa dan Daun Sirih, Bolehkah?

Ilustrasi kucing. PIXABAY/MERMAIDTOON Ilustrasi kucing.

1. Perawatan di rumah

Lioyryan mengatakan untuk mengikuti jadwal perawatan di rumah dan Anda mungkin tidak perlu menemui penata rambut profesional.

Sesi menyikat bulu kucing beberapa kali seminggu akan memberikan bulu yang lebih halus bagi kucing Anda sekaligus memberikan waktu interaksi yang berkualitas.

Jika bulu kucing berminyak, temui dokter hewan terlebih dahulu untuk mengetahui penyebabnya.

Kemudian, Lioyryan merekomendasikan untuk memandikan kucing secara teratur dengan sampo dan kondisioner yang disetujui oleh groomer.

Baca juga: Kucing Berjalan Pincang? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Perawatan profesional

Jika perawatan di dalam rumah tidak cukup untuk membuat bulu kucing lebih lembut dan terhindari dari kusut, Anda harus membawanya ke ahlinya.

Lioyryan menjelaskan, jika kucing memiliki bulu yang sangat kusut, mereka harus datang ke profesional hingga empat kali setahun selain menyikat di rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com