Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu di Dalam Ruangan

Kompas.com - 13/02/2022, 12:53 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan atau lampu di rumah tak hanya bertugas memberikan cahaya pada setiap area, tapi juga nuansa berbeda di setiap ruangan.

Namun, dilansir dari Decor Tips, Minggu (13/2/2022), ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih lampu dan membuat kombinasi ideal di sebuah ruangan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini. 

Baca juga: 5 Ide Pencahayaan untuk Halaman Belakang Rumah yang Aman dan Nyaman 

Bagaimana memilih lampu dengan kombinasi ideal?

Ilustrasi ruang tamuUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang tamu
Kunci mencapai pencahayaan yang baik terletak pada kombinasi yang tepat dari lampu yang berbeda di ruangan yang sama, yang masing-masing menyediakan berbagai jenis cahaya pelengkap.

Disarankan setiap ruangan memiliki lampu utama dan lampu sekunder yang ditempatkan pada titik-titik strategis. Misalnya, tidak disarankan menggunakan satu sumber cahaya pada plafon di ruangan besar karena dapat menciptakan bayangan. 

Baca juga: Tips Mendapatkan Pencahayaan Terbaik untuk Setiap Ruangan di Rumah

Sebaliknya, memilih pencahayaan yang memadai seperti menempatkan bola lampu lembut pada plafon, lampu sconce dinding, dan lampu meja atau halogen yang tersembunyi pada furnitur sehingga menciptakan pencahayaan latar tambahan di dalam ruangan.

Begitu pun ketika memilih lampu untuk rumah, jangan lupa lampu lantai merupakan pilihan bagus karena vertikalitasnya memberikan kontras dengan garis horizontal yang biasanya mendominasi furnitur. 

Baca juga: 7 Jenis Pencahayaan di Ruang Tamu yang Dapat Menjadi Pilihan 

Pencahayaan harus memberikan kenyamanan

Ilustrasi lampu - Kap lampu gantug yang terbuat dari bambu.SHUTTERSTOCK / WichitS Ilustrasi lampu - Kap lampu gantug yang terbuat dari bambu.
Pencahayaan harus memberikan kenyamanan. Untuk itu, hindari menciptakan kontras  berlebihan antara cahaya dan bayangan karena membuat tidak nyaman dilihat dan  menciptakan lingkungan yang tidak menyenangkan.

Selain itu, disarankan memiliki pengatur cahaya pada lampu utama untuk mengubah intensitas cahaya sesuai dengan waktu.

Jika ruangan gelap, kap lampu harus terbuat dari bahan yang menyebar seperti kertas untuk memberikan lebih banyak kecerahan dan luminositas. 

Baca juga: 5 Manfaat Memasang Pencahayaan Outdoor Modern di Rumah

Jangan lupa bahwa lampu adalah benda dekoratif itu sendiri. Lampu harus sesuai dengan gaya rumah Anda sehingga perlu mencocokkan dengan dekorasi lain. 

Namun, jika ingin menyatukan lampu di semua ruangan atau memberikan kontinuitas pada koridor dan tangga, Anda dapat memilih lampu dengan model liontin. lampu meja, juga lampu lantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com