Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil, Bikin Ruangan Lebih Nyaman

Kompas.com - 30/12/2021, 07:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan di ruang tamu kecil bukan hanya tentang memilih jenis lampu dengan proporsi yang tepat. Pencahayaan dapat menciptakan atau menghancurkan skema ruangan.

Kunci saat Anda mencari ide ruang tamu yang cukup terang adalah dengan menggunakan beberapa lapisan yang mengintegrasikan pencahayaan ambient, dekoratif, dan lampu tugas dengan mulus.

Dikutip dari Homes & Gardens, Kamis (30/12/2021), berikut beberapa ide pencahayaan yang dapat diterapkan di ruang tamu kecil.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Abu-abu

Ilustrasi ruang tamu bergaya SkandinaviaUnsplash/Minh Pham Ilustrasi ruang tamu bergaya Skandinavia

1. Lampu menerangi sudut yang terkena bayangan

Tugas terpenting dari ide pencahayaan ruang tamu kecil adalah memastikan seluruh ruangan mendapatkan cahaya yang dibutuhkan, saat dibutuhkan.

Di ruangan kecil dengan tingkat cahaya alami yang kurang ideal, sudut jauh lebih mudah menjadi perangkap bayangan, membuat ruangan terasa lebih sempit di malam hari.

Atasi masalah ini dengan menempatkan sumber cahaya di sudut-sudut, seperti sudut TV ruang tamu, di mana lampu meja dan lampu berdiri ditempatkan di tempat yang paling membutuhkannya.

2. Lampu yang berfungsi juga sebagai karya seni

Ruangan yang lebih kecil berarti lebih sedikit ruang untuk menyesuaikan dengan aspek desain interior yang lebih beragam. Itu bisa berarti karya seni terbentur daftar prioritas di belakang objek yang lebih berguna.

Baca juga: 6 Kesalahan Mendekorasi Ruang Tamu yang Perlu Dihindari

Untuk mengemas karakter unik sebanyak mungkin ke dalam ruang tamu kecil, carilah perlengkapan lampu yang berfungsi ganda sebagai karya seni.

Jika Anda memiliki ruang kosong di dinding, pertimbangkan ide pencahayaan dinding ruang tamu pahatan yang memberi karakter ruang sebanyak lukisan, tetapi dengan cahaya tambahan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com