Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Hias yang Ampuh Mengusir Siput dari Pekarangan

Kompas.com - 20/01/2022, 15:20 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Selain kutu daun dan tungau laba-laba, siput dan bekicot adalah hama yang seringkali menyerang koleksi tanaman hias di teras. Siput mengunyah daun dan juga batang tanaman sehingga membuat tanaman layu dan mati.

Karena menyukai lingkungan yang lembab dan berair, siput dan bekicot seringkali muncul di saat musim hujan. Saat-saat inilah kamu harus mewaspadai serangan siput di halamanmu.

Melansir dari Capital Gardens, Kamis (20/1/2022), daripada menyemprot tanaman dengan bahan kimia bebas siput, ada solusi lain yang bisa kamu lakukan.

Meskipun siput suka mengunyah daun tanaman, ada beberapa tanaman yang ia hindari karena tekstur daun dan juga aromanya. Berikut ini adalah 7 tanaman hias yang tidak disukai siput.

Baca juga: 5 Tanaman yang Tak Disukai Siput

Pakis

Tanaman fern atau pakis cocok untuk kamu yang ingin menghias rumah dengan tanaman namun tidak memiliki cukup waktu untuk merawatnya. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik meskipun dibiarkan dalam waktu yang lama.

Alasan siput tidak menyukai tanaman pakis karena daun tanaman cukup tebal dan sulit dikunyah. Untuk itu pakis bisa menjadi solusi untuk menanam tanaman hias yang anti siput.

Baca juga: Ada Siput pada Tanaman? Ini 4 Cara Menyingkirkannya

Hortensia

Tanaman hortensia atau hydrangea memiliki bunga yang indah dan rimbun. Meskipun memiliki bunga yang menarik, tanaman ini tidak menarik di mata siput.

Tanaman ini cocok ditanam di area lembab dimana siput tinggal, namun jangan khawatir karena siput tidak akan berani mendekati dan merusak tanaman ini.

Baca juga: 10 Cara Alami Membasmi Siput di Halaman Rumah

Euphorbia

Tanaman euphorbia menghasilkan getah berwarna putih susu yang memiliki rasa pahit. Siput cenderung menjauhi tanaman ini karena getahnya, ia akan pergi mencari tanaman dengan getah yang manis.

Tanaman ini sangat kuat bahkan bertahan di perubahan suhu yang ekstrim. Ia akan tetap subur meskipun tanaman lain di sekitarnya mati karena kedinginan.

Baca juga: 5 Hama yang Sering Mengganggu Tanaman, Kutu Daun hingga Siput

Lavender

Ilustrasi lavenderUnsplash/Joyce Toh Ilustrasi lavender

Siput dan bekicot juga dikenal sebagai hama yang tidak menyukai aroma yang kuat. Dengan menanam lavender di antara bunga lainnya, ini akan menjaga bunga-bunga lain dari serangan siput.

Jika kamu memelihara lavender di taman, kamu tak hanya mendapatkan keindahan dan keharuman aroma bunganya saja tetapi juga manfaatnya dalam mengusir hama.

Baca juga: Cara Mengusir Siput dari Tanaman di Kebun Rumah

Rosemary

Minyak rosemary dikenal memiliki manfaat aromatik baik sebagai pengharum ruangan dan juga penambah cita rasa masakan.

Namun aroma yang harum ini sangat tidak disukai oleh siput. Perawatannya pun cukup mudah dan dapat berbunga sepanjang tahun dengan usia tanaman mencapai 20 tahun.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Indoor untuk Mempercantik Ruangan

Geranium

Tak hanya ampuh mengusir nyamuk, aroma geranium juga dibenci oleh siput. Selain itu batang dan daun geranium yang berbulu juga membuat siput tidak nyaman saat bergerak di atasnya dan mengkonsumsinya. Geranium dapat tumbuh dengan cepat sehingga bisa menekan pertumbuhan gulma di tanah.

Anemon Jepang

Meskipun proses penanaman anemon Jepang cukup sulit karena akarnya yang rapuh, namun ia akan sangat cantik bisa sudah tumbuh menyebar di tanah.

Tanaman ini tak hanya dibenci oleh siput, ia juga dapat mengurangi banyaknya gulma yang tumbuh.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com