Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Paktis Merapikan Rumah dan Barang-barang ala IKEA

Kompas.com - 17/01/2022, 19:21 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama pandemi Covid-19, banyak orang menghabiskan waktunya di rumah, baik bekerja maupun sekolah dari rumah. 

Bahkan, ada juga kegiatan belanja secara daring yang membuat rumah menjadi terasa penuh. Situasi ini tentunya dapat menghalangi beraktivitas dengan leluasa.

Baca juga: 10 Cara Menghemat Waktu saat Membersihkan Rumah, Salah Satunya Multitasking

Untuk itu, memiliki rumah yang bersih dan rapi serta ruang yang cukup untuk beraktivitas menjadi salah satu resolusi pada 2022.

Lantas, bagaimana merapikan rumah?

Melansir dari siaran pers IKEA Indonesia yang diterima Kompas.com, Senin (17/1/2022), berikut lima tips praktis merapikan rumah atau barang-barang atau decluttering. 

Baca juga: Manfaat Kain Mikrofiber untuk Membersihkan Rumah

Mulai dari satu area terlebih dulu

Untuk menjaga tampilan dapur minimalis, pastikan di atas meja hanya menaruh barang-barang yang digunakan setiap hari dan tidak praktis jika dipindah-pindahkan setiap hari.UNSPLASH/BECCA TAPERT Untuk menjaga tampilan dapur minimalis, pastikan di atas meja hanya menaruh barang-barang yang digunakan setiap hari dan tidak praktis jika dipindah-pindahkan setiap hari.

Tantangan yang ditemui saat ingin menyortir barang adalah titik untuk memulainya. Sering kali situasi ini menganggu kesehatan mental penghuni rumah. 

Ahli saraf kognitif University College London, Sophie Scott, mengatakan merapikan rumah membantu meningkatkan hormon neurotransmitter dopamin. Hormon ini dapat membuat kamu menjadi senang sehingga suasana hati meningkat.

Karena itu, merapikan rumah merupakan salah satu solusi menjaga kesehatan mental. Untuk lebih fokus, mulailah dari area rumah yang paling membutuhkan perubahan seperti ruang tamu, ruang kerja, kamar tidur, atau dapur. Manfaatkan rak penyimpanan serbaguna seperti Ekenabben yang fungsional.

Baca juga: 5 Alasan dan Manfaat Merapikan Tempat Tidur Setiap Hari

Gunakan metode empat kotak

Metode empat kotak dari Marie Kondo sangat praktis untuk membantu merapikan rumah. Siapkan empat kotak kosong terlebih dulu seperti kotak Tjena. 

Kotak ini akan membantu kamu menyortir barang-barang yang akan disimpan, dibuang, didonasikan, atau diperbaiki.

Tjena merupakan kotak penyimpanan dengan tutup yang terbuat dari karton dan memiliki tempat genggaman yang nyaman untuk dipindahkan ke mana saja.

Menurut Psychology Today, merapikan barang dapat meningkatkan kepercayaan diri. Kamu lebih percaya diri ketika harus mengambil keputusan saat melakukan kegiatan sepeti metode ini.

Baca juga: 4 Tips Merapikan dan Membereskan Garasi

Letakkan satu kotak khusus untuk barang tertentu

Setelah metode empat kotak, ambil satu kotak khusus dan beri nama “maybe box”. Isi dengan barang-barang yang dianggap akan diperlukan pada lain waktu atau barang yang sayang untuk dibuang. 

Kamu bisa pilih kotak berpola lucu seperti Drona dan Upprymd untuk membedakan barang sesuai dengan kategorinya. Letakkan kotak ini di tempat yang mudah dijangkau.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com