Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Melindungi Unit AC Outdoor agar Bekerja Lebih Efektif

Kompas.com - 26/11/2021, 17:33 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengandalkan AC sebagai pendingin ruangan paling cepat merupakan cara yang dilakukan banyak penghuni rumah saat ini.

Akan tetapi, AC yang terus-menerus digunakan dan mengabaikan perawatannya akan membuat cara kerja AC menjadi tidak efektif dan maksimal.  

Baca juga: Jarang Diketahui, Ternyata Ini 4 Fungsi Mode Dry pada AC

Dilansir dari Los Angeles Times, Jumat (26/11/2021), untuk beroperasi lebih efesien dan efektif, tak hanya unit AC dalam ruangan atau indoor saja yang diperhatikan, tapi juga unit AC outdoor. 

Menjaga unit AC outdoor dan udara di sekitarnya tetap dingin dapat membuat AC sentral beroperasi lebih efisien. Kumparan kondensor dapat menghilangkan lebih banyak panas ketika udara di sekitarnya lebih dingin.

Selain efisiensi yang lebih baik, output pendinginan maksimum dari AC lebih besar ketika udara di sekitarnya lebih dingin. 

Baca juga: 5 Tips Menggunakan AC Portabel agar Lebih Efesien

Ini sangat penting pada musim panas ketika membutuhkan jumlah keluaran pendinginan terbesar untuk menjaga rumah tetap sejuk juga nyaman. 

Untuk itu, menaungi seluruh sisi rumah dan unit AC outdoor adalah hal penting dan efektif. Ini bisa dilakukan dengan pohon atau tenda. 

Baca juga: 8 Penyebab AC Mengeluarkan Bau Tak Sedap 

Buat naungan AC outdoor sederhana

Anda dapat membuat penutup atau naungan sederhana untuk menaungi unit AC outdoor. Periksa dengan kontraktor AC tentang izin yang tepat untuk aliran udara. Aliran udara yang memadai sangat penting untuk efisiensi tinggi.

Satu penutup AC yang efektif menyediakan naungan dan penyimpanan. Semakin besar membuatnya, semakin banyak naungan yang diberikan. 

Baca juga: Masuk Musim Hujan, Begini Cara Merawat AC

Berikan naungan berupa atap miring yang memanjang di atas unit kondensor dan menempel pada rumah. Atap miring memberikan ketinggian tambahan untuk jarak yang memadai dan menyatu lebih baik dengan garis kebanyakan rumah. 

Buat bingkai untuk unit penyimpanan atau penutup dengan kayu biasa. Tutupi kompartemen penyimpanan dengan pelapis kayu lapis. Pasang engsel pada bagian atas sehingga dapat membukanya. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Rumah Tetap Dingin Tanpa AC

Paku sisi kayu lapis pada atas sisa bagian atas yang miring untuk menutupi unit kondensor. Biarkan sisi samping kondensor tidak tertutup untuk memungkinkan aliran udara yang memadai. 

Unit AC akan beroperasi lebih efisien jika terlindung dari sinar matahari. Penutup AC buatan ini juga menyediakan penyimpanan untuk kebutuhan halaman dan teras. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com