Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Meletakkan Outdoor AC di Luar Ruangan? Simak Penjelasannya

Kompas.com - 05/11/2021, 22:04 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Outdoor AC merupakan komponen penting pada sebuah AC yang umumnya berbentuk kotak besar mirip dengan kipas angin.

Sesuai dengan namanya, outdoor AC ditempatkan di luar rumah, yang biasanya menempel pada dinding. 

Baca juga: Tips Memasang AC di Ruangan Penuh Kaca Agar Bisa Dingin Optimal

Namun, ketika ditempatkan di luar rumah, apakah outdoor AC aman dari paparan hujan?

Dilansir dari All Weather Heating and Air Conditioning, Jumat (5/11/2021), outdoor AC tidak akan terpengaruh oleh air hujan.

Bahkan, outdoor AC bisa tetap bekerja saat hujan berlangsung sehingga tidak perlu diberi penutup atau tutupan. Bagian outdoor AC sendiri dirancang untuk menahan hujan, bahkan curah hujan yang tinggi tidak akan merusaknya. 

Baca juga: Bolehkah Menyiram Tanaman Hias dengan Air AC?

Sebab, material dari outdoor AC sendiri sudah menggunakan bahan penutup yang aman. Bagian-bagian penting seperti blok kelistrikan dan kompresor biasanya sudah dirancang dengan pengaman yang membuatnya aman dari air.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir apabila outdoor AC milikmu terpasang di luar ruangan yang tidak ada penutupnya sama sekali.

Namun, untuk urusan banjir, hal itu berbeda. Jika unit outdoor AC terendam sebagian atau seluruhnya, kemungkinan hal itu dapat merusaknya. 

Baca juga: Ini Alasan Pentingnya Membersihkan Filter AC

Jadi, outdoor AC tidak memerlukan perlindungan khusus apa pun, asalkan tidak berada dalam situasi ekstrem. Namun, bukan ide buruk untuk menutupi outdoor AC atau meletakkannya di luar ruangan dengan tutupan.

Selain itu, pastikan juga memasang outdoor AC pada posisi atau penempatan yang ideal. Sebelum memasang AC, sebaiknya kamu konsultasikan dahulu kepada teknisi yang akan memasang AC tersebut.

Minta saran dari mereka terkait dengan posisi outdoor AC yang ideal sehingga tidak membuat kama merasa khawatir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com