Kompas.com - 24/10/2021, 12:24 WIB
Ilustrasi membersihkan filter AC. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi membersihkan filter AC.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti alat elektronik lainnya,  air conditioner (AC) juga membutuhkan perawatan rutin. Agar berfungsi efisiensi, filter udara, dan koil, dan sirip AC harus dibersihkan secara teratur.

Melansir dari AC Texas, Minggu (24/10/2021), jika hal ini tidak dilakukan akan mempersingkat masa pakai unit AC dan juga menyebabkan perbaikan yang mengeluarkan biaya mahal. 

Ketika Anda mengabaikan unit AC, kinerjanya akan menurun saat menggunakan lebih banyak energi, menyebabkan tagihan listrik meroket. Anda akan sering membayar lebih banyak daya yang terbuang.

Baca juga: 5 Penyebab Suara AC Berisik dan Cara Mengatasinya

Jadi, seberapa sering Anda perlu membersihkan AC? Tidak ada satu jawaban untuk pertanyaan itu karena berbagai komponen AC memerlukan jumlah servis yang berbeda-beda.

Filter udara, misalnya, harus dibersihkan atau diganti setiap satu atau dua bulan selama musim puncak pengoperasian.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan berbulu, tinggal di daerah berdebu, atau jika AC Anda terus menyala, Anda mungkin perlu membersihkan filter lebih sering. Cukup membersihkan filter udara yang kotor dapat menurunkan konsumsi energi sebanyak 15 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengapa membersihkan filter AC penting?

Mengganti atau membersihkan filter AC Anda sebenarnya adalah salah satu tugas perawatan terpenting untuk unit AC.

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Tanda AC Harus Diganti

Ketika filter AC menjadi kotor atau tersumbat, udara tidak dapat mengalir dengan baik di dalam ruangan. Filter udara yang kotor juga dapat menyebabkan kumparan evaporator membeku, menyebabkan es menumpuk di dalam unit AC, yang semakin menghambat kinerjanya.

Bagian lain dari AC yang perlu dibersihkan adalah kumparan evaporator dan kumparan kondensor. Meskipun filter udara akan mengurangi kotoran yang menumpuk, seiring waktu, kotoran akan menumpuk di gulungan ini. Kotoran yang menumpuk akan mengurangi aliran udara serta mengisolasi koil.

Ketika kumparan menjadi terisolasi, kemampuannya untuk menyerap panas berkurang, sehingga mengurangi efisiensi AC.

Kumparan ini harus dibersihkan setiap tahun, dengan bantuan para profesional. Bagian lain dari unit AC Anda juga perlu dibersihkan, seperti saluran air kondensat dan sirip koil AC.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.