Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Poinsettia, Tanaman Hias Khas Dekorasi Natal

Kompas.com - 23/11/2021, 09:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Poinsettia atau kastuba merah adalah tanaman hias yang umumnya digunakan sebagai dekorasi Natal. Tanaman ini memiliki daun merah dan kelompok bunga kecil berwarna kuning atau putih.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Selasa (23/11/2021), poinsettia digunakan sebagai dekorasi Natal di seluruh dunia. Namun, bagaimana poinsettia bisa tumbuh dengan baik di iklim dingin maupun iklim tropis?

Poinsettia (Euphorbia pulcherrima) sebenarnya berasal dari Meksiko selatan, dan berbunga secara alami selama akhir musim gugur dan musim dingin. Dengan demikian, asalnya poinsettia adalah tanaman yang hidup di cuaca yang relatif panas.

Baca juga: Ingin Merawat Kaktus Natal? Perhatikan Hal Ini Terlebih Dulu

Ilustrasi tanaman hias poinsettia atau kastuba merah. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi tanaman hias poinsettia atau kastuba merah.

Poinsettia dapat tumbuh menjadi spesimen taman yang menarik setinggi empat meter, dan senang dengan percikan warna berani yang akan menghidupkan bulan-bulan musim dingin yang suram.

Iklim terbaik untuk menanam poinsettia

Merupakan tanaman tropis secara alami, poinsettia tumbuh dengan sangat baik di zona tropis dan sub-tropis.

Poinsettia pun dapat bertahan di zona beriklim sedang selama berada di tempat yang hangat dan terlindung dari angin dan salju.

Memangkas poinsettia

Untuk menjaga semangat Natal tetap hidup, berikan poinsettia pemangkasan yang baik untuk mendorong pertumbuhan baru dan mengembalikannya ke ritme alaminya. Namun, jangan lupa kenakan sarung tangan saat memangkas dan cuci tangan setelahnya.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Merapikan Kembali Pohon Natal?

Sebab, seperti semua anggota keluarga Euphorbia, poinsettia menghasilkan getah putih, seperti susu, lengket yang dapat menyebabkan alergi kulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com