Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Harus Dilakukan saat Kucing Kesayanganmu Muntah

Kompas.com - 22/11/2021, 21:26 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber My Animals

JAKARTA, KOMPAS.com--Muntah sangat umum pada kucing dan anjing dan tidak selalu menunjukkan kondisi serius.

Namun, ada kalanya muntah pada kucing bisa menunjukkan adanya sesuatu yang tidak beres pada tubuhnya. 

Pertama, jika muntah bersifat kronis, konsultasikan dengan dokter hewan karena mereka dapat membantumu menentukan penyebabnya dan meresepkan perawatan selanjutnya. Namun, dalam kebanyakan kasus, muntah hanya berarti hewan itu makan terlalu cepat.

 

Berikut adalah enam hal yang bisa kamu lakukan saat kucing kesayanganmu muntah seperti dilansir dari My Animals, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Alasan Kucing Tidak Suka dengan Suara Keras

1. Saat kucing muntah, amati dengan cermat

Penting untuk mengamati kucing dengan cermat saat mereka muntah, meskipun hanya sekali. Apa yang kamu coba tentukan di sini adalah apakah muntah adalah insiden yang terisolasi atau mungkin terjadi lagi.

Akan lebih mudah untuk mengidentifikasi penyebabnya jika kamu melakukan ini, dan kemudian kamu dapat mengambil tindakan yang tepat.

Misalnya, kamu mungkin melihat kucing hanya muntah setelah makan makanan tertentu. Mungkin dia melakukannya setelah menelan rumput. Jika itu masalahnya, singkirkan barang-barang ini agar tidak memakannya di masa mendatang.

Mengamati hal ini juga berguna saat nanti kamu harus membawa kucing ke dokter hewan. Catat teksturnya, berapa kali kucing muntah dan juga apa kira-kira penyebabnya.

2. Coba cari tahu apakah ada bola rambut di tenggorokannya

Bola rambut adalah salah satu penyebab paling umum muntah pada kucing. Ini terjadi karena kucing merawat dirinya sendiri dengan lidahnya. Hal ini menyebabkan akumulasi rambut di lidah mereka yang kemudian mereka telan.

Karena perut mereka tidak bisa mencerna rambut, satu-satunya cara untuk mengeluarkan bola rambut ini adalah melalui muntah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com