Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2021, 20:14 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com--Kucing sering takut dengan suara keras, baik itu guntur atau kembang api. Mereka biasanya bersembunyi karena perasaan takut tersebut. Sayangnya bagi kucing ketakutan seperti itu sering menimbulkan kecemasan.

Kita sering mendengar tentang bagaimana anjing takut pada suara keras dan betapa ini dapat melukai pendengaran sensitif mereka.

Ketidaknyamanan anjing itu nyata dan beberapa bahkan mengembangkan kecemasan dan segala macam fobia.

Apa yang mungkin tidak kita ketahui adalah bahwa banyak kucing juga takut dengan kembang api dan suara keras lainnya seperti guntur. 

Jika kamu sangat mengenali hal-hal apa yang dibenci oleh kucingmu, maka kamu akan dengan tenang mengetahui apa yang harus dilakukan ketika mereka mulai cemas atau ketakutan karena sesuatu.

Selain itu, mengetahui cara membantu mereka akan semakin meningkatkan ikatanmu dengan kucing.

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah kucing benar-benar takut dengan kembang api?Kembang api dan suara keras lainnya mengganggu kucing seperti halnya anjing. Kucing menyukai rutinitas, kedamaian, dan ketenangan, dan ketika semuanya terganggu oleh suara keras, terutama kembang api, itu mengguncang dunia mereka dengan cara yang buruk.

Sama seperti anjing, ketika kucing mendengar kembang api atau suara keras lainnya yang tidak biasa, mereka ingin berkelahi atau terperanjat.

Namun, setiap kucing berbeda, dan beberapa kucing akan mengembangkan fobia dan kecemasan yang mungkin muncul dalam bentuk gemetar, atau mengeong keras, panik atau lemah dan merasa sedih.

Baca juga: Apakah Anjing dan Kucing Bisa Berteman?

Cara membantu kucing menghadapi masalah suara keras

Dilansir dari My Animals, Senin (22/11/2021), lakukan tindakan berikut ini untuk menenangkan kucing saat mereka mendengar suara keras, seperti petasan yang biasanya dibunyikan pada saat perayaan.

1. Beri mereka tempat untuk memanjat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com