Kompas.com - 22/11/2021, 18:57 WIB
Ilustrasi hama tungau laba-laba pada tanaman. SHUTTERSTOCK/CATHERINE ECKERTIlustrasi hama tungau laba-laba pada tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com--Masalah hama pada tanaman memang seringkali membuat kita jengkel. Pasalnya, kita tak pernah tahu kapan hama akan menyerang adan seberapa besar dampaknya pada tanaman. 

Untuk kamu yang memiliki tanaman sebaiknya mengetahui hama apa saja yang bisa menyerang tanaman dan dampaknya seperti dilansir dari Living Hours, Senin (22/11/2021). 

1. Tungau laba-laba

Tungau laba-laba adalah hama taman umum yang tumbuh subur dalam kondisi panas, kering, dan berdebu. Bertempat tinggal di bagian bawah daun tanaman, tungau ini berkumpul dalam koloni padat di jaring sutra pelindung.

Mereka menyebabkan kerusakan pada tanaman dengan menusuk selnya untuk memakannya. Hal ini akan membuat daun berwarna keperakan atau bintik-bintik pada bagian atasnya. Hama taman ini memakan sejumlah spesies tanaman termasuk tanaman hias dan tanaman sayur.

Baca juga: Cara Membuat Sabun Insektisida untuk Mencegah Hama Tanaman

2. Leafminer

Hama lain yang juga suka menghabiskan daun adalah leafminer. Hama ini berbentuk larva lalat kecil yang hidup dan memakan jaringan daun. Hal ini membuat daun memiliki garis dan lapisan di bawah daun.

Leafminer diidentifikasi sebagai hama taman karena menyebabkan kerusakan besar pada tanaman. Hama ini bisa diatasi dengan membuat perangkap dan memotong daun yang sudah terdapat larva hama.

3. Scale

Ilustrasi hama Scale pada tanaman. SHUTTERSTOCK/PROTASOV AN Ilustrasi hama Scale pada tanaman.

Scale adalah hama kebun penghisap getah yang menempel pada tanaman inangnya untuk diberi makan. Mereka mengeluarkan lapisan lilin, yang membuatnya terlihat seperti sisik ikan.

Biasanya, mereka muncul sebagai benjolan seperti cangkang, dan sebelum kita menyadarinya, mereka membangun koloni besar dan mulai menghancurkan tanaman.

Scale adalah hama serius di kebun, yang hanya dapat dikendalikan menggunakan minyak hortikultura, karena lapisan lilinnya melindungi mereka dengan baik dari insektisida.

Baca juga: Hama dan Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman Cabai, Apa Saja?

4. Kutu putih

Ditemukan di iklim lembab dan hangat, kutu putih adalah hama yang memakan jus tanaman dan bertindak sebagai vektor dari beberapa penyakit tanaman.

Saat menghisap jus tanaman, hama ini mengeluarkan bubuk lilin untuk perlindungannya.

Kutu putih merupakan ancaman utama karena mereka menempati dan merusak berbagai jenis tanaman termasuk mangga, anggur, tebu, murbei, nanas, pakis, bunga matahari, pepaya dan anggrek.

Kegigihan serangga taman ini meningkat jika ada semut, karena semut melindungi dari predator dan parasit.

5. Thrip

Thrip adalah serangga kecil bersayap pinggiran yang memakan berbagai macam tanaman. Mereka adalah salah satu hama yang paling sering ditemukan di taman dan dianggap berbahaya. Hama taman ini memakan tanaman, menyebabkan perubahan warna, kelainan

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.