Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Sabun Insektisida untuk Mencegah Hama Tanaman

Kompas.com - 22/11/2021, 15:18 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun tanaman diberikan air, pupuk, serta kebutuhan sinar matahari yang memadai, namun ketika tanaman terkena hama yang mematikan, akan membuatnya layu hingga mati.

Melansir dari Well and Good, Senin (22/11/2021) , meskipun ada banyak solusi untuk membersihkan tanaman dari serangga pembunuh ini, sabun insektisida adalah salah satu solusi termudah karena dapat dibuat di rumah hanya dengan menggunakan beberapa bahan sederhana.

Resep sabun insektisida secara historis telah digunakan oleh pemillik kebun yang ingin membersihkan tanaman mereka dari hama tanpa menggunakan bahan kimia yang keras atau beracun.

 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membuat Insektisida untuk Tanaman Herbal

"Ini sering merupakan ramuan buatan sendiri yang sederhana yang mencampur produk berbasis sabun (baik cair atau padat) dengan air hangat dan seringkali beberapa bentuk minyak sayur (belum tentu minyak zaitun extra virgin terbaik Anda)," kata Andrew Gaumond, ahli hortikultura dan ahli botani.

Dibandingkan dengan banyak pestisida yang lebih keras yang muncul di pasar selama paruh kedua abad kedua puluh, sabun insektisida kurang beracun dan jauh lebih ramah lingkungan.

Memang, sabun insektisida adalah pilihan yang bagus untuk pengendalian hama tanaman hias, kata Erin Marino, ahli tanaman dan direktur pemasaran di The Sill.

"Ini relatif aman untuk digunakan di sekitar hewan peliharaan dan anak-anak dan tidak memiliki bahan kimia keras yang dapat dikandung oleh pestisida yang lebih kuat," katanya.

Baca juga: 2 Cara Mudah Membuat Sabun Insektisida, Basmi Serangga Tanaman

Dan meskipun sabun insektisida tidak cukup kuat untuk membunuh hama bertubuh keras, seperti kumbang, sabun ini mampu membasmi hama tanaman hias bertubuh lunak seperti kutu daun dan kutu putih dengan sempurna.

Cara membuat sabun insektisida 

"Anda bisa mencampur sabun cair ringan dengan sedikit minyak sayur atau minyak kelapa ke dalam air suling," ujar Marino.

"Tujuannya adalah untuk mengencerkan sabun secukupnya sehingga tidak berbahaya bagi tanaman Anda." 

Selain itu, Anda juga dapat memebuat sabun insektisida dengan menggunakan satu bagian sabun dan lima hingga enam bagian air hangat. Kemudian campurkan ke botol semprot dan semprotkan ke seluruh tanaman. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com