Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2021, 12:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain dapur terus berubah seiring waktu. Beberapa desain dapur mencerminkan ide gaya dekade terakhir dan beberapa terinspirasi budaya pop modern. 

Banyak pakar industri mengatakan dapur kecil akan menjadi pilihan utama dalam beberapa hari mendatang. Motivasi di balik desain dapur sederhana dan minimalis karena mengonsumsi lebih sedikit energi, yang berarti kesadaran terhadap lingkungan.

Baca juga: Mengenal Oven Dutch dan Alasan Perlu Memilikinya di Dapur

Selain itu, semakin banyak orang yang tertarik tinggal di rumah kecil dan sederhana. Alasannya, lebih murah untuk dibeli dan lebih mudah dirawat. 

Jika Anda tertarik menjalani kehidupan minimalis, berikut beberapa ide dapur sederhana untuk rumah minimalis dikutip dari Roohome, Senin (22/11/2021).  

Baca juga: 5 Tips Cerdas Membuat Dapur Terlihat Lebih Besar dan Luas 

Pilih peralatan yang fungsional dan berukuran lebih kecil

Aturan pertama membangun dapur minimalis adalah memilih peralatan dapur dan masak berukuran kecil multifungsi yang dapat menghemat ruang dan melayani semua tujuan.

Dengan cara ini, tidak hanya akan menambahkan suasana kesederhanaan ke dapur, tetapi juga membebaskan ruang berharga di atas meja.

Misalnya, ganti kompor gas burner dengan kompor gas tanam. Pilih oven atau microwave efisien yang tidak berukuran besar.

Memilih versi peralatan yang ringkas akan banyak membantu membuat dapur lebih kecil dan sederhana. 

Baca juga: 5 Tanda Salah Memilih Penjernih Air untuk Dapur 

Buat sendok garpu terlihat

Menggunakan kabinet untuk menyimpan peralatan makan dan sendok garpu tidak hanya membuat peralatan tidak terlihat, tetapi juga mengambil ruang dari kabinet yang terbatas.

Karena itu, untuk rumah minimalis, sebaiknya pajang peralatan makan pada backsplash yang kosong. Bisa pula menggunakan rak pisau magnet atau pengait lucu untuk menggantung pisau. 

Anda juga dapat membuat sendok garpu terlihat menggunakan papan charcuterie besar. Papan ini menghemat ruang dapur dan membuat dapur terlihat sederhana. 

Baca juga: 5 Benda yang Sebaiknya Tidak Diletakkan di Dapur

 

Buat desain praktis untuk dapur 

Saat mendesain dapur, fitur praktis berkontribusi paling besar terhadap dapur sederhana. Misalnya, meja kitchen island dapat menggabungkan kesederhanaan dan fungsionalitas. Pilih meja sederhana untuk mempertahankan tampilan minimalis.

Hal terpenting adalah tiga komponen utama kitchen sink, kompor, dan lemari harus sama-sama sederhana serta fungsional.

Ada banyak versi wastafel dan kompor, tetapi sebaiknya memilih yang melakukan pekerjaan dengan baik tanpa menggunakan banyak ruang di dapur.

Hal yang sama berlaku untuk lemari. Pertimbangkan menyingkirkan pintu lemari karena lemari tanpa pintu menawarkan tampilan sederhana serta kenyamanan karena tidak harus membuka pintu setiap kali harus mengambil sesuatu yang dibutuhkan. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Dapur secara Eco Friendly

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com