Kompas.com - 22/11/2021, 19:00 WIB
Rumah singgah clow yang menampung kucing jalanan Rumah singgah clow yang menampung kucing jalanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing menjadi salah satu hewan yang mudah ditemukan di sekitar rumah dan jalanan.

Akan tetapi, kucing-kucing jalanan ini tidak memiliki kehidupan yang sama dengan kucing rumahan atau kucing peliharaan. 

Baca juga: Apakah Anjing dan Kucing Bisa Berteman?

Kucing jalanan mencari makan hingga perlindungan sendiri. Kucing jalanan juga rentan mendapat kekerasan yang sering dilakukan beberapa orang serta berisiko lebih tinggi mengalami kecelakaan di luar ruangan

Melihat hal tersebut, Bimbim, seorang pencinta kucing, mendirikan Rumah Singgah Clow yang diperuntukkan sebagai tempat perlindungan untuk para kucing jalanan. 

"Rumah Singgah Clow didirikan oleh saya beserta empat pengurus lainnya. Clow sendiri merupakan singkatan dari Cat Lovers World, yaitu pencinta kucing di dunia," papar Bimbim kepada Kompas.com, Senin (22/11/2021).  

Baca juga: Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Saat Memandikan Kucing Peliharaan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tempat tinggal sementara kucing jalanan

Rumah Singgah Clow telah berdiri sejak Maret 2017 dan memiliki tujuh shelter, yakni dua di Manado dan lima shelter di Parung, Bogor Jawa Barat.

Bimbim menjelaskan, pendirian Rumah Singgah Clow ini difokuskan untuk kucing jalanan yang sakit atau mengalami kecelakaan di jalan dan membutuhkan tempat sementara. 

"Jadi, kami tidak mengambil kucing di jalanan, tapi seseorang yang membawanya ke Rumah Singgah Clow untuk diobati dan dirawat hingga menemukan adopter untuk kucing tersebut," jelas Bimbim. 

Baca juga: Fakta-fakta Kebiasaan Tidur pada Kucing yang Sebaiknya Kamu Tahu

Dari 2017 sampai 2021 ini, Rumah Singgah Clow mencatat sudah menolong lebih dari 3.000 kucing dan saat ini ada 890 kucing yang dirawat di Rumah Singgah Clow.  

Bimbim menjelaskan, Rumah Singgah Clow juga bekerja sama dengan klinik hewan, Amore Animal Clinic, untuk memberikan pengobatan dan acara-acara lainnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.