Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini yang Harus Dilakukan saat Kucing Kesayanganmu Muntah

JAKARTA, KOMPAS.com--Muntah sangat umum pada kucing dan anjing dan tidak selalu menunjukkan kondisi serius.

Namun, ada kalanya muntah pada kucing bisa menunjukkan adanya sesuatu yang tidak beres pada tubuhnya. 

Pertama, jika muntah bersifat kronis, konsultasikan dengan dokter hewan karena mereka dapat membantumu menentukan penyebabnya dan meresepkan perawatan selanjutnya. Namun, dalam kebanyakan kasus, muntah hanya berarti hewan itu makan terlalu cepat.

Berikut adalah enam hal yang bisa kamu lakukan saat kucing kesayanganmu muntah seperti dilansir dari My Animals, Senin (22/11/2021).

1. Saat kucing muntah, amati dengan cermat

Penting untuk mengamati kucing dengan cermat saat mereka muntah, meskipun hanya sekali. Apa yang kamu coba tentukan di sini adalah apakah muntah adalah insiden yang terisolasi atau mungkin terjadi lagi.

Akan lebih mudah untuk mengidentifikasi penyebabnya jika kamu melakukan ini, dan kemudian kamu dapat mengambil tindakan yang tepat.

Misalnya, kamu mungkin melihat kucing hanya muntah setelah makan makanan tertentu. Mungkin dia melakukannya setelah menelan rumput. Jika itu masalahnya, singkirkan barang-barang ini agar tidak memakannya di masa mendatang.

Mengamati hal ini juga berguna saat nanti kamu harus membawa kucing ke dokter hewan. Catat teksturnya, berapa kali kucing muntah dan juga apa kira-kira penyebabnya.

2. Coba cari tahu apakah ada bola rambut di tenggorokannya

Bola rambut adalah salah satu penyebab paling umum muntah pada kucing. Ini terjadi karena kucing merawat dirinya sendiri dengan lidahnya. Hal ini menyebabkan akumulasi rambut di lidah mereka yang kemudian mereka telan.

Karena perut mereka tidak bisa mencerna rambut, satu-satunya cara untuk mengeluarkan bola rambut ini adalah melalui muntah.


Jika kamu menduga ini adalah penyebab muntahnya, maka biarkan mereka memakan valerian atau catnip, karena tanaman ini akan membantu mereka mengeluarkan bola rambut.

3. Cari tahu apakah mereka terlalu dimanjakan?

Ada kalanya kita manusia terlalu memanjakan diri dalam hal makanan, dan kucing tidak berbeda.

Kelebihan makanan dapat merugikan karena tubuh mereka tidak siap untuk mencerna begitu banyak sekaligus. Jadi, satu-satunya cara untuk mengusirnya adalah dengan muntah.

Untuk menghindari kelebihan ini, kamu harus menjaga kontrol ketat terhadap jumlah makanan yang dikonsumsi kucing. Juga, pastikan mereka tidak menelannya sekaligus dan mengunyah dengan benar.

4. Apakah muntahnya kronis?

Kadang-kadang, muntah mungkin disebabkan oleh beberapa jenis intoleransi makanan.

Jika kamu menduga demikian, jangan memberi makan kucing selama sehari penuh untuk melihat apakah muntahnya berhenti atau berlanjut.

Jika terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter hewan karena kucing mungkin mengalami infeksi saluran cerna yang memerlukan perawatan medis.

Dokter hewan dapat menentukan bahwa muntah tersebut disebabkan oleh intoleransi makanan.

Kemudian dia akan dapat melakukan tes yang akan membantu mereka menentukan intoleransi makanan tertentu sehingga kamu dapat menghilangkannya dari pola makan mereka.

Jika perlu, dokter hewan juga dapat menyarankan kamu untuk mengubah pola makan dan membantumu merencanakan menu yang menyediakan nutrisi yang sama.

5. Apakah kucing stres?

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi kucing juga bisa stres. Kucing menyukai rutinitas dan ketika ada perubahan di sekitar mereka, itu semua bisa menjadi sumber kecemasan bagi mereka.

Hal-hal seperti pindah ke tempat yang baru, penambahan anggota baru ke keluarga, hingga perubahan makanan, ini adalah situasi stres yang umum yang dapat menyebabkan mereka


muntah.

Infeksi parasit usus adalah penyebab lain muntah pada kucing. Kucing kemungkinan besar akan muntah selama berhari-hari jika mereka memilikinya. Jika kamu mencurigai adanya parasit, segera konsultasikan dengan dokter hewan.

Mengamati kucing dengan cermat untuk setiap perubahan kebiasaan atau kepribadian sangat penting untuk mengidentifikasi apakah muntahnya merupakan konsekuensi atau tidak.

Jika kucing masih muntah setelah 24 jam, tindakan terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter hewan, karena hidup mereka bisa bergantung padanya.

Untuk menyimpulkan, tunda memberi makan kucing sampai kamu yakin muntah mereka selesai.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/22/212600976/ini-yang-harus-dilakukan-saat-kucing-kesayanganmu-muntah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke