Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2021, 19:03 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai kayu adalah salah satu fitur terbaik di rumah mana pun karena dapat menambah kesan elegan dan tak lekang oleh waktu.

Sayangnya, lantai kayu bisa mendapatkan goresan yang tak diinginkan akibat benturan atau gesekan dari furnitur dan barang lainnya. Untuk menghilangkannya, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan. 

Dilansir dari The List, Minggu (21/11/2021), berikut cara menghilangkan goresan pada lantai kayu. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Lantai Kayu di Rumah

Cara menyingkirkan goresan halus pada lantai kayu

Menghilangkan goresan pada lantai kayu bisa bervariasi, tergantung apakah itu goresan halus atau goresan dalam. Jadi, kamu segera mengidentifikasi jenis goresan pada lantai kayu sebelum memulai pekerjaan.

Menurut The Spruce, goresan halus diklasifikasikan sebagai sesuatu yang kedalamannya kurang dari 1/8 inci (3,175 milimeter).

Jika lantai kayu lecet setelah  menggeser furnitur di atasnya saat menata ulang ruangan, ini dikategorikan sebagai goresan halus. 

Baca juga: Karpet Vs Lantai Kayu, Mana yang Lebih Baik untuk Kamar Tidur?

Untuk mengatasinya, kamu harus mengampelas goresan pada lantai kayu dengan ringan sebelum menerapkan penanda noda (stain marker) atau pewarna berbasis resin.

Saat melakukan cara ini, kamu dapat meminimalkan kedalaman goresan dan membuatnya lebih mudah mengisi ruang yang tersisa dengan stain marker. 

Namun, bagian paling sulit adalah ketika harus mencocokkan stain marker dengan sempurna ke lantai kayu. Cara terbaik adalah menguji warna pada area lantai mana pun yang tidak langsung terlihat. 

Baca juga: Cara Aman Membersihkan Lantai Kayu agar Tetap Bagus dan Awet

Setelah mendapatkan stain marker yang tepat, oleskan dengan lembut pada goresan yang diamplas. Selanjutnya, gosok area tersebut dengan wol baja (steel wool) bermutu halus, lalu bersihkan area tersebut dengan kain lembut.

Untuk cara alami yang lebih cepat, campur minyak zaitun dan cuka sari apel dengan jumlah yang sama. Setelah itu, oleskan larutan minyak zaitun dan cuka sari apel ke goresan halus pada lantai kayu. 

Biarkan larutan tetap berada pada lantai kayu seharian, lalu gosok dengan wol baja bermutu halus, dan bersihkan area tersebut dengan kain bersih sesudahnya. 

Baca juga: Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Lantai Kayu

Cara menyingkirkan goresan yang dalam pada lantai kayu

Menyingkirkan goresan yang dalam pada lantai kayu adalah proses yang sedikit lebih rumit daripada menghilangkan goresan halus.

Salah satu solusi paling sederhana adalah membeli pengisi kayu lateks (latex wood filler) dari toko perangkat keras dengan warna yang sesuai dengan lantai kayu. 

Uji pengisi kayu lateks pada bagian lantai yang tidak langsung terlihat untuk memastikan warna yang benar sebelum menerapkannya pada gresan yang dalam untuk mengatasi kerusakan. 

Baca juga: Simak 5 Hal Ini Sebelum Memasang Lantai Kayu

Sama dengan proses dengan goresan halus, ampelas lantai kayu lebih dalam sebanyak mungkin sebelum menerapkan pengisi kayu lateks. Diamkan pengisi kayu lateks hingga kering sebelum menyeka area bersih.

Jika lantai kayu milik telah rusak pada luar goresan yang dalam ini, mungkin sudah saatnya menghubungi spesialis.

Lihat kerusakannya dan tanyakan apakah kamu perlu mengampelas dan memperbaiki seluruh lantai kayu dengan bantuan profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com