Kompas.com - 27/10/2021, 23:28 WIB
Ilustrasi lantai kayu, penggunaan lantai kayu di rumah. UNSPLASH/COLLOV HOME DESIGNIlustrasi lantai kayu, penggunaan lantai kayu di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan lantai kayu mengalami peningkatan sejak beberapa tahun terakhir.

Hal ini lantaran lantai kayu dianggap lebih nyaman, elegan, memberikan suasana hangat, dan mempercantik tampilan rumah. 

Baca juga: Karpet Vs Lantai Kayu, Mana yang Lebih Baik untuk Kamar Tidur?

Namun, berbeda dengan jenis lantai lainnya seperti keramik, lantai kayu terbilang mahal dan butuh perawatan ekstra agar tetap bagus, awet, juga tahan terhadap “pukulan”. 

Ditambah, perawatan dan pembersihan lantai kayu juga berbeda dengan lantai keramik atau marmer. Membersihkan lantai kayu tak boleh sembarang dan tidak hanya sekadar membersihkan, tetapi juga mempertahankan strukturnya. 

Untuk menghindari kesalahan pembersihan, berikut ini cara membersihkan lantai kayu di rumah dilansir dari Real Estate, Rabu (27/10/2020).  

Baca juga: Cara Aman Membersihkan Lantai Kayu agar Tetap Bagus dan Awet  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahan yang dibutuhkan

Lantai kayu tidak bisa dibersihkan dengan produk lantai umumnya. Lantai kayu harus dibersihkan menggunakan produk pembersih lantai khusus lantai kayu atau bahan-bahan alami seperti berikut ini.

  • Isi air hangat ke dalam ember hingga setengah, lalu tambahkan setengah cangkir cuka putih, dan setengah sendok teh cairan pencuci piring. Namun, perlu diketahui, membersihkan lantai kayu keras dengan cuka adalah pilihan non-toksik yang hebat. Cuka bersifat asam sehingga dapat mulai mengetsa lantai kayu (artinya tampilan yang tidak rata pada kemilau). 

Baca juga: Ingat, Jangan Bersihkan Lantai Kayu dengan 7 Bahan Ini

  • Pembersih lantai kayu keras yang dibeli di toko lebih disukai karena pH-nya diformulasikan khusus untuk lantai kayu keras dan menciptakan kilau yang bagus. Menggunakan air hangat dalam ember, ikuti instruksi produk untuk jumlah yang dibutuhkan.

Namun, hal yang perlu diingat adalah lantai kayu tidak bereaksi dengan baik saat keadaan basah. Anda dapat menghindari kerusakan lantai kayu dan kerusakan tekuk yang mahal dengan memastikan memeras kain pel hingga kering sebelum menyentuh lantai.

Selain itu, letakkan ember di atas handuk bekas agar tumpahan air segera terserap sebelum terkena lantai kayu.  

Baca juga: Simak 5 Hal Ini Sebelum Memasang Lantai Kayu

Bersihkan debu dan kotoran terlebih dahulu

Ilustrasi lantai kayu.PEXELS/PIXABAY Ilustrasi lantai kayu.
Langkah pertama membersihkan lantai kayu adalah menyapu atau vakum lantai terlebih dahulu untuk menghilangkan semua kotoran dan debu, yang akan membuat mengepel lebih mudah dan mendapatkan pembersihan secara menyeluruh.

Bersihkan perimeter

Dengan menggunakan kain pel kepala datar, celupkan ke dalam ember berisi pembersih lantai kayu pilihan Anda, lalu peras sisa cairannya. Pertama-tama seret kain pel di sekeliling ruangan, tekan ke atas papan pinggir. 

Baca juga: Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Lantai Kayu

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.